Page 135 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 135

122  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        efektivitas  internet  dan  pembelajaran  bahasa  berbasis  web  menyoroti
        temuan  bahwa  pembelajaran  ini  dapat  menciptakan  sebuah  lingkungan
        baru, kondusif dan mendorong kepada peserta didik.
            Berdasarkan uraian pendahuluan dan tinjauan pustaka terkait, peneliti
        memahami bahwa ada dua pertanyaan dalam penelitian ini yaitu.
        1.  Bagaimana persepsi pengguna atas kualitas program DLA sebagai OER
            pada pembelajaran jarak jauh?
        2.  Apakah  program  DLA  mendukung  atau  atau  memotivasi  mahasiswa
            untuk tertarik belajar akuntansi?

            Responden  dalam  penelitian adalah  mahasiswa  Program  Stusi
        Akuntansi  yang  aktif  pada  periode  pendaftaran  2014  sampai  2015.  Dua
        puluh lima mahasiswa dari 4 (empat) masa registrasi yang berbeda dengan
        rata-rata usia 26 - 35 tahun adalah subyek penelitian ini. Berikut distribusi
        responden berdasarkan masa registrasi.

                            Tabel 1. Jumlah Responden

                        Masa Registrasi   Jumlah Responden
                           2014.1              5
                           2014.2              5
                           2015.1              8
                           2015.2              7
                       Jumlah Responden        25

            Kuesioner  dirancang  dan  didistribusikan  kepada  50  mahasiswa  yang
        menempuh mata kuliah berpraktikum (EKSI4101 dan EKSI4414). Kuesioner
        yang  terkumpul  sebanyak  28,  tetapi  hanya  25  yang  dinyatakan  valid  dan
        dapat  diproses.  Analisis  dilakukan  terhadap  tanggapan  dan  persepsi
        responden yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan mengenai konten dan
        kualitas fitur program DLA. Umpan balik dari kuesioner ini juga menyoroti
        hambatan  dan  tantangan  yang  dihadapi  mahasiswa  sebagai  masukan  dan
        perbaikan  program  DLA  di  masa  yang  akan  datang.Metode  pengumpulan
        data yang digunakan adalah random sampling dan melalui kuesioner yang
        diberikan kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan a five-pointLikert
        Scale. D. Bertram (2012) menyatakan bahwa berdasarkan definisi skala yang
        digunakan dalam skala Likert tidak dianggap sebagai skala interval.
   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140