Page 132 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 132
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 119
Pemanfaatan Open Educational Resources
(Oer)Diera Digital: Evaluasi Kualitas Dry Lab
Akuntansi (DLA) Oleh Pengguna Pada Institusi
Pendidikan Jarak Jauh
Rini Dwiyani Hadiwidjaja
PENDAHULUAN
Universitas Terbuka (UT) adalah lembaga pendidikan tinggi yang
menerapkan pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia. UT menyediakan
bahan belajar yang dirancang khusus untuk belajar mandiri. Sistem
pembelajaran jarak jauh ini menjadi karakteristik tersendiri bagi UT, karena
peserta didik belajar secara mandiri melalui berbagai media, baik cetak
maupun media non-cetak. UT telah menghasilkan berbagai Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis intensif dalam sistem pengiriman
media. UT juga telah berbagi beberapa produk pendidikan secara bebas dan
terbuka kepada masyarakat melalui program-program online UT. Proses
belajar dan berbagi kreatif pendidikan dan produk akademik dapat
dilakukan melalui video streaming dan audio. Video streaming dapat
mengalahkan waktu dan keterbatasan ruang, bahkan dapat melintasi
berbagai negara. UT telah memberikan kontribusi terhadap perluasan
konsep dan pengembangan OER, karena dapat diakses secara bebas, dengan
format terbuka dan lisensi dokumen terbuka yang bermanfaat untuk proses
belajar mengajar di dunia pendidikan dan untuk tujuan penelitian. Adapun
beberapa OER yang telah dikembangkan UT diantaranya toko buku online
(TBO), perpustakaan digital, portal guru online, I-TV dan UT Open
Courseware.
Program Studi Akuntansi merupakan salah satu program studi di UT
yang memiliki mata kuliah berpraktikum dan memerlukan perhatian khusus
pada pelaksanaan praktikumnya. Salah satu aspek yang paling penting di
Program Studi Akuntansi adalah penyesuaian akan pelaksanaan praktikum
dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Beberapa pihak meragukan apakah
praktikum dapat dilakukan dalam pendidikan jarak jauh. Hal ini menjadi
tantangan bagi Program Studi Akuntansi untuk melaksanakan praktikum
dalam sistem pembelajaran jarak jauh. UT mengembangkan bahan ajar yang
memiliki motivasi untuk belajar mandiri, dan pengetahuan atau substansi