Page 132 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 132

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  119


                    Pemanfaatan Open Educational Resources
                  (Oer)Diera Digital: Evaluasi Kualitas Dry Lab
                 Akuntansi (DLA) Oleh Pengguna Pada Institusi
                                Pendidikan Jarak Jauh

                                Rini Dwiyani Hadiwidjaja

               PENDAHULUAN

                   Universitas  Terbuka  (UT)  adalah  lembaga  pendidikan  tinggi  yang
               menerapkan  pendidikan  tinggi  jarak  jauh  di  Indonesia.  UT  menyediakan
               bahan  belajar  yang  dirancang  khusus  untuk  belajar  mandiri.  Sistem
               pembelajaran jarak jauh ini menjadi karakteristik tersendiri bagi UT, karena
               peserta  didik  belajar  secara  mandiri  melalui  berbagai  media,  baik  cetak
               maupun  media  non-cetak.  UT  telah  menghasilkan  berbagai  Teknologi
               Informasi dan Komunikasi  (TIK) berbasis intensif dalam  sistem pengiriman
               media. UT juga telah berbagi beberapa produk pendidikan secara bebas dan
               terbuka  kepada  masyarakat  melalui  program-program  online  UT.  Proses
               belajar  dan  berbagi  kreatif  pendidikan  dan  produk  akademik  dapat
               dilakukan  melalui  video  streaming  dan  audio.  Video  streaming  dapat
               mengalahkan  waktu  dan  keterbatasan  ruang,  bahkan  dapat  melintasi
               berbagai  negara.  UT  telah  memberikan  kontribusi  terhadap  perluasan
               konsep dan pengembangan OER, karena dapat diakses secara bebas, dengan
               format terbuka dan lisensi dokumen terbuka yang bermanfaat untuk proses
               belajar mengajar di dunia pendidikan dan untuk tujuan penelitian. Adapun
               beberapa OER yang telah dikembangkan UT diantaranya toko buku online
               (TBO),  perpustakaan  digital,  portal  guru  online,  I-TV  dan  UT  Open
               Courseware.
                   Program  Studi  Akuntansi  merupakan  salah  satu  program  studi  di  UT
               yang memiliki mata kuliah berpraktikum dan memerlukan perhatian khusus
               pada  pelaksanaan  praktikumnya.  Salah  satu  aspek  yang  paling  penting  di
               Program Studi Akuntansi adalah penyesuaian akan pelaksanaan praktikum
               dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Beberapa pihak meragukan apakah
               praktikum  dapat  dilakukan  dalam  pendidikan  jarak  jauh.  Hal  ini  menjadi
               tantangan  bagi  Program  Studi  Akuntansi  untuk  melaksanakan  praktikum
               dalam sistem pembelajaran jarak jauh. UT mengembangkan bahan ajar yang
               memiliki  motivasi  untuk  belajar  mandiri,  dan  pengetahuan  atau  substansi
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137