Page 153 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 153

140  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


            Komitmen  dianggap  sebagai  faktor  kunci  kesuksesan  jangka  panjang
        (Gundlach et al. 1995). Komitmen didefinisikan sebagai keinginan mendalam
        untuk  menjaga  hubungan  yang  berharga  (Anderson  dan  Weitz  1992).
        Komitmen  dan  niat  perilaku  pelanggan  dianggap  saling  berhubungan
        (Pritchard  et  al.  1999).  Selain  itu,  perilaku  pelanggan  setia  dapat  diukur
        dengan  komitmen  dan  hubungan  positif  yang  ada  antara  komitmen
        pelanggan dan pembelian barang (Bowen dan Shoemaker 2003). Komitmen
        dan kepuasan berhubungan juga, mengingat komitmen dapat menyebabkan
        kepuasan  (Ben-Bakr  et  al.  1995).  Komitmen  dianggap  sebagai  jembatan
        terhadap niat perilaku pelanggan (Keh dan Xie 2009).
            Kepuasan pelanggan adalah salah satu prinsip niat perilaku pelanggan
        (Selnes  1993).  Selnes  (1993)  menyatakan  reputasi  merek  dan  kepuasan
        berpengaruh  terhadap  niat  perilaku  pelanggan  secara  terpisah.  Pelanggan
        mungkin  setia  bila  merasa  puas  dan  berniat  untuk  menjaga  hubungan
        (Mokhtar et al. 2011).
            Berdasarkan paparan di atas, maka dapat dibentuk interelasi diantara
        keempat  variabel  kualitas  jasa,  komitmen,  kepuasan,  dan  niat  perilaku
        pelanggan  dalam  hal  ini  niat  mahasiswa  UT  untuk  mengikuti  Tuton
        (Gambar 1).



            Kualitas Jasa


                                                          Nat Mahasiswa
                                       Kepuasan          untuk Mengikuti
                                                          Tutorial Online

             Komitmen


                         Gambar 1. Kerangka Penelitian

            Adapun  hipotesis  yang  dapat  diajukan  dalam  penelitian  ini  adalah
        kualitas  jasa  berpengaruh  terhadap  kepuasan  mahasiswa,  komitmen
        berpengaruh  terhadap  kepuasan  mahasiswa,  dan  kepuasan  mahasiswa
        berpengaruh terhadap niat mahasiswa untuk mengikuti Tutorial Online.
            Populasi  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  mahasiswa
        Universitas  Terbuka  peserta  tutorial  online  masa  registrasi  2015.1.
   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158