Page 456 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 456
420 Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
11. Dari produksi massa menuju kebutuhan pelanggan.
Jika dahulu semua peserta didik mendapat materi
(content) bahan pelajaran yang sama, maka sekarang
ini setiap peserta didik mempunyai hak untuk mendapat
materi (content) bahan pelajaran yang sama, sesuai
dengan minat atau potensi yang dimiliki peserta didik.
12. Dari usaha sadar tunggal menuju jamak.
Jika dahulu peserta didik mengikuti suatu cara
dalam berproses, maka yang sekarang harus ditonjolkan
adalah keberagaman inisiatif yang timbul dari setiap
induvidu.
13. Dari satu ilmu pengetahuan bergeser menuju
pengetahuan disiplin jamak.
Jika dahulu peserta didik hanya mempelajari
sebuah materi atau fenomena dari satu sudut pandang
ilmu, maka sekarang konteks pemahaman akan jauh
lebih baik dimengerti melalui pendekatan pengetahuan
multi disiplin.
14. Dari kontrol terpusat menuju otonomi dan
kepercayaan.
Jika dahulu seluruh kontrol dan kendali kelas ada
pada sang guru, maka sekarang peserta didik diberi
kepercayaan untuk bertanggung jawab atas pekerjaan
dan aktivitasnya masing-masing.
15. Dari pemikiran faktual menuju kritis.
Jika dahulu hal-hal yang dibahas didalam kelas
PROFIL GURU MASA DEPAN