Page 456 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 456

420        Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

            11.  Dari produksi massa menuju kebutuhan pelanggan.
                     Jika  dahulu  semua  peserta  didik  mendapat  materi
               (content) bahan pelajaran yang  sama,  maka  sekarang

               ini setiap peserta didik mempunyai hak untuk mendapat
               materi  (content)  bahan  pelajaran  yang  sama,  sesuai
               dengan minat atau potensi yang dimiliki peserta didik.

            12.  Dari usaha sadar tunggal menuju jamak.

                     Jika  dahulu  peserta  didik  mengikuti  suatu  cara
               dalam berproses, maka yang sekarang harus ditonjolkan
               adalah  keberagaman  inisiatif  yang  timbul  dari  setiap
               induvidu.


            13.  Dari  satu  ilmu  pengetahuan  bergeser  menuju
               pengetahuan disiplin jamak.
                     Jika  dahulu  peserta  didik  hanya  mempelajari
               sebuah  materi  atau  fenomena  dari  satu  sudut  pandang

               ilmu,  maka  sekarang  konteks  pemahaman  akan  jauh
               lebih  baik  dimengerti  melalui  pendekatan  pengetahuan
               multi disiplin.

            14.  Dari  kontrol  terpusat  menuju  otonomi  dan

               kepercayaan.
                     Jika dahulu seluruh kontrol dan kendali kelas ada
               pada  sang  guru,  maka  sekarang  peserta  didik  diberi
               kepercayaan  untuk  bertanggung  jawab  atas    pekerjaan
               dan aktivitasnya masing-masing.


            15.  Dari pemikiran faktual menuju kritis.
                     Jika dahulu hal-hal yang dibahas didalam kelas


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   451   452   453   454   455   456   457   458   459   460   461