Page 454 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 454

418        Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

               dari manapun, siapa saja dapat dihubungi serta informasi

               yang diperlukan dapat diperoleh dengan mudah, terutama
               dari internet.

            4.  Dari pasif menuju aktif.
                     Jika  dahulu  peserta  didik    diminta    untuk    pasif
               saja  mendengarkan  dan  menyimak  baik  baik  apa  saja

               disampaikan  gurunya,  maka  sekarang  disarankan  agar
               peserta  didik  lebih  aktif  dengan  cara  memberikan
               berbagai  pertanyaan  yang  segera  ingin  diketahui

               jawabannya.

            5.  Dari dunia maya abstrak menuju konteks dunia
               nyata.
                     Jika  dahulu  contoh-contoh  yang  diberikan  guru
               peserta  didiknya  kebanyakan  bersifat  artifisial,  maka

               saat ini sang guru harus dapat memberikan contoh yang
               sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari dan relevan
               dengan bahan yang dihajarkan.

            6.  Dari pembelajaran pribadi menuju pembelajaran

               berbasis tim.
                     Jika  dahulu  kegiatan  instruksional  lebih  bersipat
               personal atau bersipat induvidual, maka saat sekarang ini
               kegiatan instruksional  yang harus dikembangkan  adalah
               model  pembelajaran  yang  mengutamakan  kerjasama

               antar induvidu.

            7.  Dari luas menuju prilaku khas  memberdayakan



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   449   450   451   452   453   454   455   456   457   458   459