Page 454 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 454
418 Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
dari manapun, siapa saja dapat dihubungi serta informasi
yang diperlukan dapat diperoleh dengan mudah, terutama
dari internet.
4. Dari pasif menuju aktif.
Jika dahulu peserta didik diminta untuk pasif
saja mendengarkan dan menyimak baik baik apa saja
disampaikan gurunya, maka sekarang disarankan agar
peserta didik lebih aktif dengan cara memberikan
berbagai pertanyaan yang segera ingin diketahui
jawabannya.
5. Dari dunia maya abstrak menuju konteks dunia
nyata.
Jika dahulu contoh-contoh yang diberikan guru
peserta didiknya kebanyakan bersifat artifisial, maka
saat ini sang guru harus dapat memberikan contoh yang
sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari dan relevan
dengan bahan yang dihajarkan.
6. Dari pembelajaran pribadi menuju pembelajaran
berbasis tim.
Jika dahulu kegiatan instruksional lebih bersipat
personal atau bersipat induvidual, maka saat sekarang ini
kegiatan instruksional yang harus dikembangkan adalah
model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama
antar induvidu.
7. Dari luas menuju prilaku khas memberdayakan
PROFIL GURU MASA DEPAN