Page 455 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 455
419
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
kaidah keterikatan.
Jika dahulu ilmu atau materi yang diajarkan bersipat
umum (semua materi yang dianggap perlu diberikan),
maka saat ini materi yang diberikan yang benar-benar
relevan untuk kehidupan peserta didik, sehingga materi
yang diberikan diperdalam dan ditekuni secara sungguh-
sungguh oleh peserta didik.
8. Dari stimulasi rasa tunggal menuju stimulasi kesegala
penjuru.
Jika dahulu peserta didik hanya menggunakan
sebahagian panca indranya dalam menangkap materi
yang diajarkan guru, maka sekarang semua pancaindra
dan komponen jasmani dan rohani seperti kognitif,
afektif, dan psikomotorik harus aktif dalam kegiatan
instruksional.
9. Dari alat tunggal menuju alat multimedia.
Jika dahulu guru hanya menggunakan papan tulis
untuk kegiatan instruksional, maka saat sekarang ini
guru dapat menggunakan beraneka ragam peralatan dari
teknologi pendidikan yang siap pakai, baik yang bersifat
konvensional maupun yang modren.
10. Dari hubungan satu arah bergeser menuju kooperatif.
Jika dahulu peserta didik harus selalu setuju dengan
pendapat guru dan tidak boleh menentang, maka saat
sekarang ini sering terjadi dialog antara guru dan peserta
didik untuk mencapai kesepakatan bersama.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN