Page 451 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 451
415
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
perubahan seperti ini, kegiatan instruksional tidak hanya
memberi informasi hanya melalui buku paket saja. Saat
sekarang ini, dalam kegiatan instruksional, guru harus dapat
mendorong peserta didik untuk aktif mencari tahu sesuatu
secara mandiri dari berbagai sumber yang tersedia.
Komputasi, dengan adanya komputerisasi yang bersumber
dari segala bidang, semua kegiatan yang menggunakan
komputer maupun perangkat gadget dapat dilakukan dengan
cepat. Pergeseran model pembelajaran seperti ini, perlu
diarahkan kepada peningkatan kemampuan peserta didik agar
mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan
masalah.
Otomatisasi, otominasi mesin merupakan ciri khas yang
mendominasi dari Abad 21. Hampir semua kegiatan
pekerjaan diambil alih oleh mesin. Kita tahu semua,
bahwa hasil dari pekerjaan mesin, sangat rapi, cepat dan
terstandar. Kondisi seperti ini, menyebabkan model kegiatan
instruksional juga harus berubah. Guru perlu melatih peserta
didik untuk berpikir analitis dan dapat berpikir tingkat tinggi
serta dapat mengambil keputusan dengan tepat.
Komunikasi, kemajuan komunikasi begitu cepat terjadi,
semua kegiatan bisa dilakukan dengan Online. Paradigma
belajar harus diarahkan kepada pengembangan kerjasama
atau teamwork dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
Disisi lain, menurut Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus.,
Ph.D, jika kita pahami, visi kehidupan di abad 21 yang selama
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN