Page 449 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 449

413
                                     Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

                2.  Sekolah  merupakan  bagian  dari  masyarakat  yang
                    memberikan  pengalaman  belajar  terencana  di  mana
                    peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah

                    ke  masyarakat  dan  memanfaatkan  masyarakat  sebagai
                    sumber belajar.
                3.  Mengembangkan  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan

                    serta menerapkan dalam berbagai situasi di sekolah dan
                    masyarakat.
                4.  Menberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan
                    berbagai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
                5.  Kompetensi  dinyatakan  dalam  bentuk  kompetensi  inti

                    kelas  yang  dirinci  lebih  lanjut  dalam  kompetensi  dasar
                    mata pelajaran.
                6.  Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasaian

                    kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan
                    kegiatan instruksional dikembangkan untuk mencapai
                    kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti.
                7.  Kompetensi dasar dikembangkan yang dinyatakan pada
                    prinsip  akumulatif, saling memperkuat  (reinforced) dan

                    memperkaya antar mata pelajaran dan jenjang pendidik.

                     Pembelajaran  aktif  adalah    sebuah    situasi    belajar
               ketika  peserta    didik    berpartisipasi    secara    aktif,    tidak
               hanya  mendengarkan  secara  pasif.  Disisi  lain,  guru  dalam

               kegiatan instruksional perlu mempersiapkan diri untuk dapat
               menerapkan bagaimana mengembangkan kreatifitas dan daya
               inovatif peserta didik. Tuntutan terhadap lulusan yang bermutu
               dan peningkatan daya saing semakin mendesak, dan kuncinya

               ada pada peran dan tugas guru. Kegiatan instruksional yang
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   444   445   446   447   448   449   450   451   452   453   454