Page 449 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 449
413
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
2. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang
memberikan pengalaman belajar terencana di mana
peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah
ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai
sumber belajar.
3. Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
serta menerapkan dalam berbagai situasi di sekolah dan
masyarakat.
4. Menberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan
berbagai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
5. Kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti
kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar
mata pelajaran.
6. Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasaian
kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan
kegiatan instruksional dikembangkan untuk mencapai
kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti.
7. Kompetensi dasar dikembangkan yang dinyatakan pada
prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan
memperkaya antar mata pelajaran dan jenjang pendidik.
Pembelajaran aktif adalah sebuah situasi belajar
ketika peserta didik berpartisipasi secara aktif, tidak
hanya mendengarkan secara pasif. Disisi lain, guru dalam
kegiatan instruksional perlu mempersiapkan diri untuk dapat
menerapkan bagaimana mengembangkan kreatifitas dan daya
inovatif peserta didik. Tuntutan terhadap lulusan yang bermutu
dan peningkatan daya saing semakin mendesak, dan kuncinya
ada pada peran dan tugas guru. Kegiatan instruksional yang
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN