Page 453 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 453
417
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
pembelajaran melalui pergeseran tata cara penyelenggaraan
kegiatan pendidikan dan pembelajaran didalam kelas atau
lingkungan sekitar lembaga pendidikan tempat peserta didik
menimba ilmu. Pergeseran itu meliputi kegiatan instruksional
sebagai berikut:
1. Dari berpusat kepada guru menuju berpusat pada
peserta didik.
Fungsi guru pada saat yang lalu dari pengajar
menjadi fasilitator bagi peserta didik. Biasanya yang
sering terjadi, guru berbicara banyak dan peserta didik
mendengar, menyimak, dan menulis. Sekarang ,terjadi
perubahan pola pikir, guru lebih banyak mendengarkan
peserta didiknya, saling berintraksi, berargumen,
berdebat, dan berkolaborasi.
2. Dari satu arah menunju interaktif.
Mekanisme Kegiatan instruksional yang terjadi
pada zaman yang lalu sipatnya adalah satu arah dari guru
ke peserta didik. Saat sekarang terjadi interaksi dua arah
antara peserta didik dan guru dalam berbagai bentuk
komunikasinya. Guru berusaha untuk membuat Kegiatan
instruksional semenarik mungkin, melalui berbagai
pendekatan interaksi yang dirancang dengan baik.
3. Dari isolasi menuju lingkungan jejaring.
Pada zaman dahulu, peserta didik hanya dapat
bertanya pada guru dan belajar pada buku yang tersedia
hanya didalam kelas saja. Saat sekarang ini, peserta didik
dapat belajar dan menimba ilmu dari berbagai sumber
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN