Page 457 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 457
421
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
lebih bersifat faktual, maka sekarang harus dikembangkan
pembahasan terhadap berbagai hal yang membutuhkan
pemikiran kreatif dan kritis untuk menyelesaikannya.
16. Dari penyampaian pengetahuan menuju pertukaran
pengetahuan.
Jika dahulu yang terjadi di dalam kelas adalah
“pemindahan“ ilmu dari guru ke peserta didik, maka
dalam Abad 21 ini yang terjadi di kelas adalah pertukaran
pengetahuan antara guru ke peserta didik maupun antara
peserta didik dengan sesamanya.
17. Dari sistem penilaian tradisional menuju sistem
penilaian modern
Agar tidak terjadi kepincangan yang terlalu jauh,
antara hasil belajar atau sistem penilaian negara yang
modren dan negara berkembang, maka perlu dipikirkan
sistem penilaian didunia pendidikan yang relevan dengan
tuntutan zaman. Sistem penilaian yang dilakukan oleh
guru untuk peserta didik harus berubah. Sistem penilaian
yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik tidak
cukup hanya melalui tes belaka. Sistem penilaian yang
dilakukan perlu dilengkapi dengan nontes lainnya. Perlu
dipertimbangkanpenilaianyangmendukungkeseimbangan
antara tes standar dengan penilaian normatif dan sumatif.
Perlu juga pertimbangan kumpulan tugas-tugas, sejenis
portofolio yang dikerjakan oleh peserta didik serta adanya
umpan balik yang diberikan oleh guru.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN