Page 457 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 457

421
                                     Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

                   lebih bersifat faktual, maka sekarang harus dikembangkan
                   pembahasan terhadap berbagai hal yang membutuhkan
                   pemikiran kreatif dan kritis untuk  menyelesaikannya.


                16.  Dari penyampaian pengetahuan menuju pertukaran
                   pengetahuan.
                         Jika  dahulu  yang  terjadi  di  dalam  kelas  adalah
                   “pemindahan“  ilmu  dari  guru  ke  peserta  didik,  maka

                   dalam Abad 21 ini yang terjadi di kelas adalah pertukaran
                   pengetahuan antara guru ke peserta didik maupun antara
                   peserta didik dengan sesamanya.

                17.  Dari sistem penilaian tradisional menuju sistem

                   penilaian modern
                         Agar  tidak  terjadi  kepincangan  yang  terlalu  jauh,
                   antara  hasil  belajar  atau  sistem  penilaian  negara  yang
                   modren dan negara berkembang, maka perlu dipikirkan

                   sistem penilaian didunia pendidikan yang relevan dengan
                   tuntutan  zaman.  Sistem  penilaian  yang  dilakukan  oleh
                   guru untuk peserta didik harus berubah. Sistem penilaian
                   yang  dilakukan  oleh  guru  terhadap  peserta  didik  tidak
                   cukup  hanya  melalui  tes  belaka.  Sistem  penilaian  yang

                   dilakukan perlu dilengkapi dengan nontes lainnya. Perlu
                   dipertimbangkanpenilaianyangmendukungkeseimbangan
                   antara tes standar dengan penilaian normatif dan sumatif.

                   Perlu  juga  pertimbangan  kumpulan  tugas-tugas,  sejenis
                   portofolio yang dikerjakan oleh peserta didik serta adanya
                   umpan balik yang diberikan oleh guru.




                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   452   453   454   455   456   457   458   459   460   461   462