Page 452 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 452
416 Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
ini diperkenalkan (Thrilling and Fadel, 2009) secara universal,
dikonsepsikan secara rekonstruktif-pragmatis sebagai
keterampilan hidup yang mencakup: Pertama: keterampilan
belajar dan berinovasi yang mencakup berpikir kritis dan
memecahkan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi,
berkreasi dan berinovasi; Kedua, keterampilan literasi digital,
yang mencakup literasi informasi dan media, dan teknologi
informasi dan komunikasi; dan Ketiga, keterampilan hidup
dan berkarir, yang mencakup luwes dan adaptif, berinisitif,
dan mandiri, berinteraksi secara sosial kultural, produktif, dan
memiliki kepemimpinan serta tanggung jawab.
Oleh karena itu, diperlukan proses pewarisan, dan
transformasi budaya, termasuk budaya pendidikan yang
harus dilakukan dengan sadar oleh setiap generasi agar
terbangun alur peradaban yang mengungsung nilai norma dan
moral kolektif yang bersifat profetik, akademik, progresif,
dan rekonstruksionistik. Hal itu harus diteruskan dan
dikembangkan secara berkelanjutan dari generasi ke generasi
dalam berbagai jalur kehidupan personal sosialkultural, lokal,
nasional, dan global. (Sumber: Pidato Orasi ilmiah, Prof. Ojat
Darojat, M, Bus., Ph.D. Pembinaaan Keprofesionalan Guru
dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik (Wisuda
UT periode IV Tahun 2017-2018).
Sementara itu, menurut Laporan BSNP tahun 2010
dengan judul “Paradigma Pendidikan Nasional Abad XX1“
menegaskan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam
menghadapi masa depan perlu dilakukan perubahan paradigma
PROFIL GURU MASA DEPAN