Page 447 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 447

411
                                     Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

               masyarakat yang menggelobal. Di samping itu, generasi
               Indonesia juga harus memiliki minat luas dalam kehidupan,
               memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai

               dengan bakat/ minatnya, dan memiliki rasa tanggung jawab
               terhadap  lingkungan.  Kondisi  ini  menyebabkan,  terjadi
               perubahan  dimasyarakat,  perubahan  ini  harus  dijawab  dan

               semua perubahan ini, mempengaruhi fungsi dan peran guru.

                     Monitoring  dan  evaluasi  yang  dilakukan  oleh  Tim
               Balitbang  tahun  (2010),  menunjukkan  fakta  bahwa  banyak
               kompetensi  yang  perumusannya  sulit  dipahami  guru,  dan
               kalau diajarkan kepada peserta didik sulit dicapai oleh peserta

               didik.  Rumusan  kompetensi  juga  sulit  dijabarkan  kedalam
               indikator  dengan  akibat  sulit  dijabarkan  ke  pembelajaran,
               sulit  dijabarkan  ke  penilaian,  sulit  diajarkan  karena  terlalu
               kompleks,  dan  sulit  diajarkan  karena  keterbatasan  sarana,

               media,  dan  sumber  belajar.  Oleh  karena  itu,  diperlukan
               strategi  pembelajaran  baru  yang  dikembangkan  dengan
               semangat  untuk  menjawab  tantangan  internal  dan  eksternal
               yang  berkaitan  dengan  kompetensi  yang  dibutuhkan.  Oleh

               karena itu, guru harus menggunakan Kurikulum 2013, karena
               kegiatan instruksional pada Kurikulum 2013 dirancang penuh
               dengan kreatifitas yang inovatif. Berdasarkan Kurikulum 2013,
               yakni melalui pengembangan secara utuh, sikap spritual, sikap

               sosial,  pengetahuan, dan peterampilan melalui pembelajaran
               yang  mendidik  dan  mencerdaskan  serta  budaya  sekolah
               sebagai  Taman  Pendidikan  yang  memberikan  keteladanan,
               membangun  kemauan  dan  mendorong  kreativitas  peserta

               didik.
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   442   443   444   445   446   447   448   449   450   451   452