Page 447 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 447
411
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
masyarakat yang menggelobal. Di samping itu, generasi
Indonesia juga harus memiliki minat luas dalam kehidupan,
memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai
dengan bakat/ minatnya, dan memiliki rasa tanggung jawab
terhadap lingkungan. Kondisi ini menyebabkan, terjadi
perubahan dimasyarakat, perubahan ini harus dijawab dan
semua perubahan ini, mempengaruhi fungsi dan peran guru.
Monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim
Balitbang tahun (2010), menunjukkan fakta bahwa banyak
kompetensi yang perumusannya sulit dipahami guru, dan
kalau diajarkan kepada peserta didik sulit dicapai oleh peserta
didik. Rumusan kompetensi juga sulit dijabarkan kedalam
indikator dengan akibat sulit dijabarkan ke pembelajaran,
sulit dijabarkan ke penilaian, sulit diajarkan karena terlalu
kompleks, dan sulit diajarkan karena keterbatasan sarana,
media, dan sumber belajar. Oleh karena itu, diperlukan
strategi pembelajaran baru yang dikembangkan dengan
semangat untuk menjawab tantangan internal dan eksternal
yang berkaitan dengan kompetensi yang dibutuhkan. Oleh
karena itu, guru harus menggunakan Kurikulum 2013, karena
kegiatan instruksional pada Kurikulum 2013 dirancang penuh
dengan kreatifitas yang inovatif. Berdasarkan Kurikulum 2013,
yakni melalui pengembangan secara utuh, sikap spritual, sikap
sosial, pengetahuan, dan peterampilan melalui pembelajaran
yang mendidik dan mencerdaskan serta budaya sekolah
sebagai Taman Pendidikan yang memberikan keteladanan,
membangun kemauan dan mendorong kreativitas peserta
didik.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN