Page 446 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 446
410 Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
masyarakat akan tenaga trampil (high skilled), dibandingkan
akan kebutuhan tenaga tidak trampil (un-skilled workers) atau
keterampilan rendah (low skilled workers). Disisi lain, setiap
SDM perlu dukungan ketrampilan kemampuan memanfaatkan
Teknologi, Informasi dan Komonikasi (TIK).
Menurut Karsidi (2005), untuk menghasilkan generasi
masa depan yang baik, atau generasi emas, peran sekolah
tidak hanya menekankan untuk mendapatkan nilai yang baik
saja, tetapi juga peserta didik diajarkan untuk mampu belajar
sendiri, mencipta, dan menjalani kehidupannya dengan
berani dan percaya diri. Untuk memperoleh kemampuan
tersebut dalam kegiatan instruksional yang diberikan oleh
guru diperlukan penerapan konsep model pembelajaran yang
tepat dan berkelanjutan seperti, Observation Based Learning,
Collaborative Learning, dan Higher Order Thinking,
Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Aktif dan Pasif, dsbnya.
Saat sekarang ini, Indonesia sangat memerlukan peningkatan
kegiatan instruksional yang dapat menghasilkan sumberdaya
manusia berkualitas, kreatif, kritis dan berdaya saing tinggi,
berkarakter kuat yang mampu melakukan inovasi-inovasi di
bidang pendidikan.
Menurut persiapan naskah pengembangan kurikulum
2013, guna menghadapi arus globalisasi diperlukan
berbagai kompetensi yang relevan antara lain kemampuan
berkomunikasi, berpikir jernih dan kritis, kemampuan
membedakan benar dan salah, kemampuan menjadi pribadi
bertanggung jawab, toleran, dan kemampuan hidup dalam
PROFIL GURU MASA DEPAN