Page 444 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 444
408 Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
arus globalisasi. Salah satu cara untuk mengantisipasi kondisi ini
adalah meningkatkan kegiatan instruksional dan meningkatkan
kualitas guru yang harus diantisipasi melalui perubahan dengan
cara memperbaiki kegiatan instruksional yang tradisional ke
arah yang lebih modern. Kompetensi merupakan pengetahuan,
keterampilan, nilai dan sikap dasar yang direfleksikan dalam
kebiasaan berpikir dan bertindak yang bersipat dinamis,
berkembang, dan dapat diraih setiap waktu. Abad 21 menuntut
setiap peserta didik memiliki kompetensi yang memiliki
ketrampilan tinggi, yang berbeda dangan tuntutan kompetensi
zaman sekarang, sehingga akan terjadi persaingan yang keras.
Evaluasi yang pernah dilakukan terhadap model kurikulum
memperlihatkan hasil bahwa model Kurikulum Berbasis
Kompetensi sebagaimana diterapkan dalam UU nomor 20
tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan peraturan
turunannya masih dapat digunakan tetapi berbagai konsep
terkait dengan istilah Kompetensi, Standar Kompetensi, dan
Kompetensi Dasar mengalami revisi (Evaluasi Kurikulum,
2010).
Oleh karena itu, tidak dapat dihindari bahwa guru dalam
hal kualitas pendidikan memegang peran yang sangat penting.
Kualitas pendidikkan sangat bergantung kepada guru, walaupun
ada komponen lain yang menyertainya, seperti: kebijakan
pemerintah, peran keluarga, masyarakat dan sarana prasarana
yang tersedia.
PROFIL GURU MASA DEPAN