Page 459 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 459

423
                                     Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

               perlu adanya bimbingan yang terus menerus dilakukan oleh
               guru  untuk  para  peserta  didiknya,  sehingga  semua  peserta

               didik  akan  berkembang  sesuai  dengan  minat,  bakat  dan
               kemampuannya.  Dampak  dari  kompetensi  dan  kinerja  guru

               berkontribusi terhadap mutu lulusan yang dihasilkannya, hal
               ini  juga  akan  berdampak  pada  kualitas  kinerja  lulusannya

               yang  akhirnya  berpengaruh  pada  kualitas  peradaban  dan
               martabat hidup masyarakat, bangsa, negara dan umat manusia

               pada umumnya.

                     Saat  sekarang  ini  diperlukan  guru  yang  mau  bekerja

               keras dan mampu mengakses  ilmu  pengetahuan baru sesuai
               dengan  perkembangan  ilmu,  teknologi,  serta  perkembangan

               masyarakat,  karena  guru  menjadi  tumpuhan  harapan  dalam
               pengembangan  mutu  pembelajaran.  Sementara,  kadar
               profesionalitas seorang guru harus terus menerus ditingkatkan

               dengan  berbagai  upaya  dan  aktivitas  nyata  guru  dalam
               kegiatan-kegiatan ilmiah, dan yang tidak kalah penting adalah

               adanya  pergeseran  paradigma  berpikir  atau  penataan  pola
               pikir. Tujuannya agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran.


                     Tugas  dan  fungsi  guru,  selain  mengikuti  pergeseran

               paradigma dan penataan pola berpikir, guru harus mengikuti
               standar  yang  sudah  dipersyaratkan  oleh  Undang-Undang
               Sistem    Pendidikan    Nasional.    Undang–Undang  tersebut




                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   454   455   456   457   458   459   460   461   462   463   464