Page 463 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 463

427
                                     Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21

                    komunikasi
                d.  Kemampuan penggunaan informasi, media dan teknologi.
                e.  Life and career skills, fleksibilitas,adaptabilitas, inisiatif,

                    mampu  menentukan  tujuan,  mampu  bekerja    sama
                    dalam  lingkungan  dengan  beragam  latar  belakang,
                    produktif, profesional, memiliki jiwa kepemimpinan dan

                    bertanggung jawab.

                     Disisi lain, menuru hasil Seminar yang diadakan Ikatan
               Alumni  Universitas  Pendidikan  Indonesia  (IKA-UPI)  pada
               tanggal 5 Mei 2018 di Bandung. Memaparkan kreteria “Guru

               Masa Depan“ yang merupakan hasil ringkasan dari beberapa
               informasi yang diperoleh dari para pemateri. Adapun kreteria
               “Guru Masa Depan“ adalah sebagai berikut :

                1.   Guru  Masa  Depan  harus  mampu  melakukan  penilaian

                     secara komprehensif, penilaian tidak hanya pada aspek
                     kognitif  atau  pengetahuan  saja.  Guru  harus  mampu
                     menggali semua aspek yang ada pada diri peserta didik,
                     seperti,  keterampilan  dan  karakter,  serta  penilaian

                     terhadap  keunikan  dan  keunggulan  dari  setiap  peserta
                     didik.

                2.   Guru Masa Depan harus memiliki kompetensi Abad 21,
                     sebelum Ia memberikan pendidikan untuk peserta didik

                     Abad  21.  Menurut  para  penyaji  materi  ada  tiga  aspek
                     penting dalam kompetensi Abad 21 ini, yaitu :

                     a.   Karakter, yang berkaitan dengan sifat akhlak,


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   458   459   460   461   462   463   464   465   466   467   468