Page 463 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 463
427
Profil Guru Berwawasan Pendidikan Abad 21
komunikasi
d. Kemampuan penggunaan informasi, media dan teknologi.
e. Life and career skills, fleksibilitas,adaptabilitas, inisiatif,
mampu menentukan tujuan, mampu bekerja sama
dalam lingkungan dengan beragam latar belakang,
produktif, profesional, memiliki jiwa kepemimpinan dan
bertanggung jawab.
Disisi lain, menuru hasil Seminar yang diadakan Ikatan
Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA-UPI) pada
tanggal 5 Mei 2018 di Bandung. Memaparkan kreteria “Guru
Masa Depan“ yang merupakan hasil ringkasan dari beberapa
informasi yang diperoleh dari para pemateri. Adapun kreteria
“Guru Masa Depan“ adalah sebagai berikut :
1. Guru Masa Depan harus mampu melakukan penilaian
secara komprehensif, penilaian tidak hanya pada aspek
kognitif atau pengetahuan saja. Guru harus mampu
menggali semua aspek yang ada pada diri peserta didik,
seperti, keterampilan dan karakter, serta penilaian
terhadap keunikan dan keunggulan dari setiap peserta
didik.
2. Guru Masa Depan harus memiliki kompetensi Abad 21,
sebelum Ia memberikan pendidikan untuk peserta didik
Abad 21. Menurut para penyaji materi ada tiga aspek
penting dalam kompetensi Abad 21 ini, yaitu :
a. Karakter, yang berkaitan dengan sifat akhlak,
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN