Page 379 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 379
Belajar Peserta Didik 347
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Melakukan penilaianinstruksionalterhadappesertadidik
meliputi proses belajar, hasil belajar, dan perkembangan diri
sebelum dan sesudah kegiatan instruksional terjadi. Diperlukan
standar sebagai acuan yang sudah dittetapkan dalam Tujuan
Instruksional Khusus. Didalam Tujuan Instruksional Khusus
sudah tercantum dengan jelas kompetensi yang diharapkan
dicapai.
Penilaian peserta didik tidak hanya cukup didasarkan
pada relevansinya dengan materi instruksional saja yang
diberikan oleh guru, tetapi penilaian juga dilakukan dengan
melihat bagaimana peserta didik mentransfer kompetensinya
dalam kehidupan nyata, terutama dalam kegiatan yang
bersifat kolaboratif dan kerja sama sesama peserta didik.
Pengukuran masih sering dicampur adukkan pengertiannya
oleh banyak orang tua, guru, dan masyarakat. Uraian berikut
ini, akan menjelaskan perbedaan antara pengertian penilaian
dan pengertian pengukuran.
Menurut, Adhegledis (2017), penilaian adalah suatu
tindakan untuk memberikan interpretasi terhadap hasil
pengukuran dengan menggunakan norma tertentu untuk
mengetahuitinggi rendahnya ataubaikburuknyaaspektertentu.
Selanjutnya, adhegledis (2017) mengatakan dalam kegiatan
belajar mengajar, pengukuran hasil belajar dimaksudkan untuk
mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku peserta
didik setelah menghayati proses belajar. Maka pengukuran
yang dilakukan guru lazimnya menggunakan tes sebagai alat
pengukur. Hasil pengukuran tersebut berwujud angka ataupun
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN