Page 379 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 379

Belajar Peserta Didik  347
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

                     Melakukan penilaianinstruksionalterhadappesertadidik
               meliputi proses belajar, hasil belajar, dan perkembangan diri
               sebelum dan sesudah kegiatan instruksional terjadi. Diperlukan

               standar sebagai acuan yang sudah dittetapkan dalam Tujuan
               Instruksional Khusus. Didalam Tujuan Instruksional Khusus
               sudah  tercantum  dengan  jelas  kompetensi  yang  diharapkan

               dicapai.

                     Penilaian  peserta  didik  tidak  hanya  cukup  didasarkan
               pada  relevansinya  dengan  materi  instruksional  saja  yang
               diberikan oleh guru, tetapi penilaian juga dilakukan dengan
               melihat bagaimana peserta didik mentransfer kompetensinya

               dalam  kehidupan  nyata,  terutama  dalam  kegiatan  yang
               bersifat  kolaboratif  dan  kerja  sama  sesama  peserta  didik.
               Pengukuran  masih  sering  dicampur  adukkan  pengertiannya
               oleh banyak orang tua, guru, dan masyarakat. Uraian berikut

               ini, akan menjelaskan perbedaan antara pengertian penilaian
               dan pengertian pengukuran.

                     Menurut,  Adhegledis  (2017),  penilaian  adalah  suatu
               tindakan  untuk  memberikan  interpretasi  terhadap  hasil

               pengukuran  dengan  menggunakan  norma  tertentu  untuk
               mengetahuitinggi rendahnya ataubaikburuknyaaspektertentu.
               Selanjutnya,  adhegledis  (2017)  mengatakan  dalam  kegiatan
               belajar mengajar, pengukuran hasil belajar dimaksudkan untuk

               mengetahui  seberapa  jauh  perubahan  tingkah  laku  peserta
               didik  setelah  menghayati  proses  belajar.  Maka  pengukuran
               yang dilakukan guru lazimnya menggunakan tes sebagai alat
               pengukur. Hasil pengukuran tersebut berwujud angka ataupun



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   374   375   376   377   378   379   380   381   382   383   384