Page 375 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 375
Belajar Peserta Didik 343
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
BAB 9
PENILAIAN DAN PENGUKURAN HASIL
BELAJAR PESERTA DIDIK
Pendahuluan
P ara ahli pendidikan mempunyai berbagai pendapat dan
konsep mengenai cara penilaian hasil belajar peserta didik
yang satu sama lain saling berbeda. Sekalipun pada tujuan
akhir dari perbedaan pendapat para ahli pendidikan tersebut
adalah sama. Secara teorities perubahan prilaku dari hasil
kegiatan instruksional peserta didik harus dapat dinilai dan
diamati, yang secara teknis telah dirumuskan melalui Tujuan
Instruksional Khusus (TIK), walaupun prilaku sebagai hasil
belajar ini berbeda bagi setiap peserta didik. Perbedaan-
perbedaan hasil belajar inilah yang menimbulkan masalah
dalam kegiatan instruksionalnya.
Menurut para ahli, setiap individu memiliki perbedaan
dalam kemampuan belajar dan cara belajarnya, yang
mempengaruhi hasil belajarnya. Untuk itu diperlukan
penangan dari guru yang berpengalaman dan profesional,
untuk memecahkan masalah perbedaan hasil belajar tersebut
selama kegiatan instruksional berlangsung. Upaya-upaya apa
saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut,
bagaimana caranya mengatasi masalah perbedaan hasil belajar
ini, agar tidak satupun peserta didik mendapat perlakuan yang
salah, sehingga akibatnya memperoleh hasil belajar yang
kurang maksimal.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN