Page 376 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 376
344 Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
Sementara, semua para pendidik dan guru mengharapkan
tujuan akhir dari semua kegiatan instruksional adalah
peningkatan kompetensi hasil belajar peserta didik. Kegiatan
instruksional akan lebih sempurna, jika guru mampu untuk
mengukur capaian belajar peserta didik secara tepat yang
sudah ditetapkan terlebih dahulu. Disamping itu, diperlukan
tindaklanjut dari guru untuk mengukur capaian belajar peserta
didik dari hasil kegiatan instruksional dan perkembangan
yang dimiliki oleh peserta didik. Salah satu upaya guru untuk
mengukur capaian belajar dan perkembangan peserta didik
adalah melalui penilaian hasil belajar.
Selanjutnya, guru perlu memperjelas seperti apa penilaian
hasil belajar yang akan dilakukan untuk mengukur capaian
belajar peserta didik. Semua konsep dan cara pengukuran hasil
belajar ini harus tertulis jelas dalam rancangan instruksional.
Karena harus ada internal konsistensi antara pengukuran
capaian belajar yang ditetapkan dengan strategi instruksional
yang digunakan, implementasi serta penilaian hasil belajar
untuk dapat mengukur capaian belajar yang telah dirancang
oleh guru.
Setelah Anda mempelajari materi dalam bab sembilan ini,
diharapkan Anda akan mampu :
1. Menerapkan penilaian hasil belajar peserta didik dalam
kegiatan instruksional.
2. Menerapkan pengukuran capaian belajar (learning
outcomes) peserta didik dalam kegiatan instruksional.
PROFIL GURU MASA DEPAN