Page 376 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 376

344        Penilaian Dan Pengukuran Hasil
                Belajar Peserta Didik

                 Sementara, semua para pendidik dan guru mengharapkan
           tujuan  akhir  dari  semua  kegiatan  instruksional  adalah
           peningkatan kompetensi hasil belajar peserta didik. Kegiatan

           instruksional  akan  lebih  sempurna,  jika  guru  mampu  untuk
           mengukur  capaian  belajar  peserta  didik  secara  tepat  yang
           sudah ditetapkan terlebih dahulu. Disamping itu, diperlukan

           tindaklanjut dari guru untuk mengukur capaian belajar peserta
           didik  dari  hasil  kegiatan  instruksional  dan  perkembangan
           yang dimiliki oleh peserta didik. Salah satu upaya guru untuk
           mengukur  capaian  belajar  dan  perkembangan  peserta  didik
           adalah melalui penilaian hasil belajar.


                 Selanjutnya, guru perlu memperjelas seperti apa penilaian
           hasil  belajar  yang  akan  dilakukan  untuk  mengukur  capaian
           belajar peserta didik. Semua konsep dan cara pengukuran hasil
           belajar ini harus tertulis jelas dalam rancangan instruksional.

           Karena  harus  ada  internal  konsistensi  antara  pengukuran
           capaian belajar yang ditetapkan dengan strategi instruksional
           yang  digunakan,  implementasi  serta  penilaian  hasil  belajar
           untuk dapat mengukur capaian belajar yang telah dirancang

           oleh guru.


           Setelah Anda mempelajari materi dalam bab sembilan ini,
           diharapkan Anda akan mampu :

            1.  Menerapkan penilaian hasil belajar peserta didik dalam

               kegiatan instruksional.
            2.  Menerapkan  pengukuran  capaian  belajar  (learning
               outcomes) peserta didik dalam kegiatan instruksional.



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   371   372   373   374   375   376   377   378   379   380   381