Page 381 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 381

Belajar Peserta Didik  349
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

               (rating scale), atau penilaian prilaku yang dapat diukur.
               Sejumlah pernyataan sikap tentang sesuatu yang dinyatakan
               secara berkala.


                      Demikian  juga  halnya  untuk  kawasan  psikomotor,
               diperlukan  alat  ukur  nontes.  Tesnya  dapat  dilakukan  secara
               tertulis  dan  lisan  dan  ditambah  dengan  kegiatan  praktik
               berbentuk  gerak  fisik.  Penilaian  hasil  belajar  pada  kawasan

               psikomotorik  ini  menuntut  peserta  didik  mendemontrasikan
               kemampuan atau kemahiran peserta didik. Biasanya lebih tepat
               jika guru menggunakan metode instruksional Simulasi.

                     Alat  ukur  harus  dibuat  dengan  baik,  artinya  alat  ukur

               yang disusun harus relevan dengan TIK. Alat ukur yang dapat
               mengukur apa yang seharusnya diukur, baru dapat dikatakan alat
               ukur yang valid. Ada beberapa prinsip penilaian hasil belajar
               yang harus diperhatikan oleh guru, saat melakukan penilaian

               hasil belajar peserta didik.

                     Menurut  Srikandi  (2013),  ada  delapan  prinsip-prinsip
               penilaian hasil belajar yaitu :

                 1.  Valid /Sahih
                           Penilaian  hasil  belajarolehpendidikharusmengukur

                     pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi
                     (standar kompetensi dan kompetensi dasar) dan standar
                     kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa
                     yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat ukur

                     yang sesuai untuk mengukur kompetensi.

                 2.  Objektif


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   376   377   378   379   380   381   382   383   384   385   386