Page 381 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 381
Belajar Peserta Didik 349
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
(rating scale), atau penilaian prilaku yang dapat diukur.
Sejumlah pernyataan sikap tentang sesuatu yang dinyatakan
secara berkala.
Demikian juga halnya untuk kawasan psikomotor,
diperlukan alat ukur nontes. Tesnya dapat dilakukan secara
tertulis dan lisan dan ditambah dengan kegiatan praktik
berbentuk gerak fisik. Penilaian hasil belajar pada kawasan
psikomotorik ini menuntut peserta didik mendemontrasikan
kemampuan atau kemahiran peserta didik. Biasanya lebih tepat
jika guru menggunakan metode instruksional Simulasi.
Alat ukur harus dibuat dengan baik, artinya alat ukur
yang disusun harus relevan dengan TIK. Alat ukur yang dapat
mengukur apa yang seharusnya diukur, baru dapat dikatakan alat
ukur yang valid. Ada beberapa prinsip penilaian hasil belajar
yang harus diperhatikan oleh guru, saat melakukan penilaian
hasil belajar peserta didik.
Menurut Srikandi (2013), ada delapan prinsip-prinsip
penilaian hasil belajar yaitu :
1. Valid /Sahih
Penilaian hasil belajarolehpendidikharusmengukur
pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi
(standar kompetensi dan kompetensi dasar) dan standar
kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa
yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai untuk mengukur kompetensi.
2. Objektif
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN