Page 382 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 382

350        Penilaian Dan Pengukuran Hasil
                Belajar Peserta Didik

                       Penilaian  hasil  belajar  peserta  didik  hendaknya
                 tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai, perbedaan
                 latar belakang agama, sosial ekonomi, budaya, bahasa,

                 gender, dan hubungan emosional.

             3.  Transparan /Terbuka
                       Penilaian  hasil  belajar  oleh  pendidik  bersifat
                 terbuka  artinya  prosedur  penilaian,  kriteria  penilaian

                 dan dasar pengambilan keputusan terhadap hasil belajar
                 peserta  didik  dapat  diketahui  oleh  semua  pihak  yang
                 berkepentingan.

             4.  Adil

                       Penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau
                 merugikan  peserta  didik  karena  berkebutuhan  khusus
                 serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat
                 istiadat, status sosial ekonomi dan gender.

             5.  Terpadu

                       Penilaian  hasil  belajar  dan  pendidik  merupakan
                 salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan
                 pembelajaran.

             6.  Menyeluruh dan Berkesinambungan

                       Penilaian  hasil  belajar  oleh  pendidik  mencakup
                 semua  aspek  kompetensi  dengan  menggunakan
                 berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk membantu
                 perkembangan kemampuan peserta didik.

             7.  Sistematis

                       Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   377   378   379   380   381   382   383   384   385   386   387