Page 382 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 382
350 Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
Penilaian hasil belajar peserta didik hendaknya
tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai, perbedaan
latar belakang agama, sosial ekonomi, budaya, bahasa,
gender, dan hubungan emosional.
3. Transparan /Terbuka
Penilaian hasil belajar oleh pendidik bersifat
terbuka artinya prosedur penilaian, kriteria penilaian
dan dasar pengambilan keputusan terhadap hasil belajar
peserta didik dapat diketahui oleh semua pihak yang
berkepentingan.
4. Adil
Penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau
merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus
serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat
istiadat, status sosial ekonomi dan gender.
5. Terpadu
Penilaian hasil belajar dan pendidik merupakan
salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan
pembelajaran.
6. Menyeluruh dan Berkesinambungan
Penilaian hasil belajar oleh pendidik mencakup
semua aspek kompetensi dengan menggunakan
berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk membantu
perkembangan kemampuan peserta didik.
7. Sistematis
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan
PROFIL GURU MASA DEPAN