Page 378 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 378

346        Penilaian Dan Pengukuran Hasil
                Belajar Peserta Didik

           nilai  terhadap  hasil-hasil  belajar  yang  dicapai  peserta  didik
           dengan kreteria tertentu. Hal ini mengisyaratkan bahwa objek
           yang dinilainya adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar

           peserta didik pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku.
           Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang luas
           mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotoris.

                 Oleh sebab itu, dalam penilaian hasil belajar rumusan

           kemampuan dan tingkah laku yang diinginkan dikuasai peserta
           didik  (kompetensi)  menjadi  unsur    penting    sebagai    dasar
           dan acuan penilaian. Penilaian kegiatan instruksional adalah
           upaya memberi nilai terhadap kegiatan belajar mengajar yang

           dilakukan oleh peserta didik dan guru dalam  mencapai tujuan-
           tujuan pengajaran. Disisi lain, Yuwono (2008), merumuskan
           bahwa  penilaian  hasil  belajar  harus  dapat  mengukur  hasil
           belajarpesertadidikmelaluiprosespengukuran (measurement).


                 Menurut Sukardi (2008), proses penilaian hasil belajar
           dapat diukur dengan dua cara yaitu, Pertama, melalui tingkat
           ketercapaian standar yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua,
           melalui aktivitas, tugas atau pekerjaan yang telah diselesaikan

           oleh  peserta  didik.  Dalam  mengembangkan  penilaian  hasil
           belajar ini, perlu mempertimbangkan dan memperhatikan hal-
           hal sebagai berikut :
             1.  Tujuan pengukuran

             2.  Sasaran dan ruang lingkup materi yang dinilai
             3.  Rancangan pengukuran
             4.  Indikator
             5.  Jenis penilai.



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   373   374   375   376   377   378   379   380   381   382   383