Page 378 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 378
346 Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai peserta didik
dengan kreteria tertentu. Hal ini mengisyaratkan bahwa objek
yang dinilainya adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar
peserta didik pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku.
Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang luas
mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotoris.
Oleh sebab itu, dalam penilaian hasil belajar rumusan
kemampuan dan tingkah laku yang diinginkan dikuasai peserta
didik (kompetensi) menjadi unsur penting sebagai dasar
dan acuan penilaian. Penilaian kegiatan instruksional adalah
upaya memberi nilai terhadap kegiatan belajar mengajar yang
dilakukan oleh peserta didik dan guru dalam mencapai tujuan-
tujuan pengajaran. Disisi lain, Yuwono (2008), merumuskan
bahwa penilaian hasil belajar harus dapat mengukur hasil
belajarpesertadidikmelaluiprosespengukuran (measurement).
Menurut Sukardi (2008), proses penilaian hasil belajar
dapat diukur dengan dua cara yaitu, Pertama, melalui tingkat
ketercapaian standar yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua,
melalui aktivitas, tugas atau pekerjaan yang telah diselesaikan
oleh peserta didik. Dalam mengembangkan penilaian hasil
belajar ini, perlu mempertimbangkan dan memperhatikan hal-
hal sebagai berikut :
1. Tujuan pengukuran
2. Sasaran dan ruang lingkup materi yang dinilai
3. Rancangan pengukuran
4. Indikator
5. Jenis penilai.
PROFIL GURU MASA DEPAN