Page 377 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 377
Belajar Peserta Didik 345
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Pengertian Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
Berbagai definisi tentang penilaian, dikemukakan oleh
beberapa ahli. Menurut Ratih (2013) penilaian hasil belajar
pada dasarnya adalah mempermasalahkan, bagaimana pengajar
(guru) dapat mengetahui hasil pembelajaran yang telah
dilakukan. Pengajar harus mengetahui sejauh mana peserta
didik (learner) telah mengerti bahan yang telah diajarkan atau
sejauh mana tujuan/kompetensi dari kegiatan pembelajaran
yang dikelola dapat dicapai. Tingkat pencapaian kompetensi
atau tujuan instruksional dari kegiatan instruksional yang telah
dilaksanakan itu dapat dinyatakan dengan nilai.
Disisi lain, para ahli mengatakan, penilaian (asessment)
pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan
untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik atau
untuk mengambil keputusan dalam memahami pelajaran yang
telah disampaikan guru, atau menggunakan informasi yang
diperoleh melalui pengukuran hasil belajar yang menggunakan
tes atau nontes. Penerapan berbagai cara dan penggunaan
beragam alat penilaian untuk memperoleh imformasi tentang
sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian
kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik dengan
memiliki beberapa tujuan. Hasil penilaian dapat berupa
nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai
kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan dengan
proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.
Sejalan dengan pendapat tersebut, menurut Asik
Belajar,.com, penilaian hasil belajar adalah proses pemberian
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN