Page 377 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 377

Belajar Peserta Didik  345
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

               Pengertian  Penilaian  Dan  Pengukuran  Hasil
               Belajar Peserta Didik

                     Berbagai  definisi tentang penilaian, dikemukakan  oleh

               beberapa  ahli.  Menurut  Ratih  (2013)  penilaian  hasil  belajar
               pada dasarnya adalah mempermasalahkan, bagaimana pengajar
               (guru)  dapat  mengetahui  hasil  pembelajaran  yang  telah
               dilakukan.  Pengajar  harus  mengetahui  sejauh  mana  peserta

               didik (learner) telah mengerti bahan yang telah diajarkan atau
               sejauh  mana  tujuan/kompetensi  dari  kegiatan  pembelajaran
               yang dikelola dapat dicapai. Tingkat pencapaian kompetensi
               atau tujuan instruksional dari kegiatan instruksional yang telah

               dilaksanakan itu dapat dinyatakan dengan nilai.

                     Disisi lain, para ahli mengatakan, penilaian (asessment)
               pembelajaran  merupakan  suatu  kegiatan  yang  dilakukan
               untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik atau
               untuk mengambil keputusan dalam memahami pelajaran yang
               telah  disampaikan  guru,  atau  menggunakan  informasi  yang
               diperoleh melalui pengukuran hasil belajar yang menggunakan
               tes  atau  nontes.  Penerapan  berbagai  cara  dan  penggunaan

               beragam alat penilaian untuk memperoleh imformasi tentang
               sejauh  mana  hasil  belajar  peserta  didik  atau  ketercapaian
               kompetensi  (rangkaian  kemampuan)  peserta  didik  dengan
               memiliki  beberapa  tujuan.  Hasil  penilaian    dapat    berupa
               nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai
               kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan dengan
               proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.


                     Sejalan  dengan  pendapat  tersebut,  menurut  Asik
               Belajar,.com, penilaian hasil belajar adalah proses pemberian

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   372   373   374   375   376   377   378   379   380   381   382