Page 387 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 387
Belajar Peserta Didik 355
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
kerja. Berikut ini, akan diuraikan tentang istilah-istilah yang
digunakan.
1. Ilmu pengetahuan (Science), suatu sistem berbasis
metodologi ilmiah untuk membangun pengetahuan
(Knowledge) melalui hasil-hasil penelitian di dalam suatu
bidang pengetahuan (Body of Knowledge). Penelitian
berkelanjutan yang digunakan untuk membangun suatu
ilmu pengetahuan harus didukung oleh rekam data,
observasi dan analisa yang terukur dan bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman manusia terhadap gejala-
gejala alam dan sosial.
2. Pengetahuan (Knowledge), penguasaan teori dan
keterampilan oleh seseorang pada suatu bidang keahlian
tertentu atau pemahaman tentang fakta dan informasi
yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau
pendidikan untuk keperluan tertentu.
3. Pengetahuan Praktis (Know-how), penguasaan teori dan
keterampilan oleh seseorang pada suatu bidang keahlian
tertentu atau pemahaman tentang metodologi dan
keterampilan teknis yang diperoleh seseorang melalui
pengalaman atau pendidikan untuk keperluan tertentu.
4. Keterampilan (Skill), Kemampuan Psikomotorik
(Manual Dexterity) dan penggunaan metode, bahan,
alat dan instrumen yang dicapai melalui pelatihan
yang terukur dilandasi oleh pengetahuan (knowledge)
atau pemahaman (know-how) yang dimiliki seseorang
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN