Page 389 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 389

Belajar Peserta Didik  357
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

               belajar yang komprehensif dibidang domain kognitif, domain
               efektif, dan domain psikomotor. Karena kompetensi capaian
               belajaryangharusdicapaiolehpesertadidiktidakhanyamenitik

               beratkan  pada  kompetensi  belajar  dibidang    pengetahuan
               atau hanya menghafal kata-kata dan konsep saja. Akan tetapi
               kompetensi capaian belajar yang diperoleh peserta didik harus

               komprehensif yang terdapat juga dalam domain domain yang
               lain. Pada umumnya para ahli pendidikan berpendapat bahwa
               tujuan pendidikan tidak hanya menitik beratkan pada perolehan
               kompetensi belajar dalam bidang seperti domain kognitif saja,
               akan tetapi harus mampu juga memperoleh kompetensi yang

               terdapat dalam domain afektif dan domain psikomotor. Sesuai
               dengan pemikiran Benyamin Samuel Bloom (1956), tentang
               istilah Taksonomi Bloom.

                     Istilah  ini  digunakan  oleh  Benyamin  Samuel  Bloom

               (1956),  seorang  psikolog  dalam  bidang  pendidikan  yang
               bertahun-tahun telah melakukan penelitian dan pengembangan
               mengenai kemampuan berpikir dalam kegiatan instruksional.
               Taksonomi  berarti  aturan  yang  berkaitan  dengan  klasifikasi.

               Bloom berpendapat ada tiga ranah dalam taksonominya, yaitu
                 1.  Ranah Kognitif,
                 2.  Ranah Afektif,
                 3.  Ranah Psikomotor.


                     Uraian  berikut  ini  akan  menjelaskan  tentang  capaian
               belajar  dalam  bidang  domain  kognitif  sebagai  salah  satu
               contoh. Yang termasuk dalam domain kognitif adalah:
                 1.  Pengetahuan



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   384   385   386   387   388   389   390   391   392   393   394