Page 389 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 389
Belajar Peserta Didik 357
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
belajar yang komprehensif dibidang domain kognitif, domain
efektif, dan domain psikomotor. Karena kompetensi capaian
belajaryangharusdicapaiolehpesertadidiktidakhanyamenitik
beratkan pada kompetensi belajar dibidang pengetahuan
atau hanya menghafal kata-kata dan konsep saja. Akan tetapi
kompetensi capaian belajar yang diperoleh peserta didik harus
komprehensif yang terdapat juga dalam domain domain yang
lain. Pada umumnya para ahli pendidikan berpendapat bahwa
tujuan pendidikan tidak hanya menitik beratkan pada perolehan
kompetensi belajar dalam bidang seperti domain kognitif saja,
akan tetapi harus mampu juga memperoleh kompetensi yang
terdapat dalam domain afektif dan domain psikomotor. Sesuai
dengan pemikiran Benyamin Samuel Bloom (1956), tentang
istilah Taksonomi Bloom.
Istilah ini digunakan oleh Benyamin Samuel Bloom
(1956), seorang psikolog dalam bidang pendidikan yang
bertahun-tahun telah melakukan penelitian dan pengembangan
mengenai kemampuan berpikir dalam kegiatan instruksional.
Taksonomi berarti aturan yang berkaitan dengan klasifikasi.
Bloom berpendapat ada tiga ranah dalam taksonominya, yaitu
1. Ranah Kognitif,
2. Ranah Afektif,
3. Ranah Psikomotor.
Uraian berikut ini akan menjelaskan tentang capaian
belajar dalam bidang domain kognitif sebagai salah satu
contoh. Yang termasuk dalam domain kognitif adalah:
1. Pengetahuan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN