Page 392 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 392

360        Penilaian Dan Pengukuran Hasil
                Belajar Peserta Didik

                 Domain  kognitif  ini  mempunyai  enam  tingkatan.
           Tingkatan  Mengingat  (C1)  dan  Tingkatan  Memahami  (C2)
           adalah Tingkatanyangpaling rendah, menunjukkankompetensi

           yang  paling  sederhana,  sementara  Tingkat  Penerapan  (C3),
           Analisis (C4) Sintesis (C5) dan Evaluasi (C6) adalah tingkatan
           yang lebih kompleks, menunjukkan proses berpikir yang lebih

           tinggi dan mengandung unsur pemecahan masalah. Tingkatan
           yang  paling  sederhana,  seperti  mengingat  dan  memahami
           tetap diukur, seperti  halnya mengukur tingkat  berpikir yang
           lebih tinggi dalam pemecahan masalah yaitu, Penerapan (C3)
           Analisis (C4) Sintesis (C5) dan Evaluasi (C6).


                 Menurut Gagne, Bloom, dan Merril (1977), Kapabilitas
           belajar yang paling kompleks adalah Kapabilitas Pemecahan
           Masalah. Tujuan untuk menghasilkan kapabilitas kognitif ini
           adalah, kemampuan yang diharapkan agar dapat menggunakan
           simbol-simbol  dan  sejenisnya  dalam  materi  pelajaran
           Matematika  untuk  mengorganisasikan  dan  berinteraksi
           dengan lingkungannya.

                 Seperti  apa  yang  dikatakan  oleh  Gagne  (1985)
           keterampilan  intelektual  atau  kognitif  ini  bersifat  kontinum
           dari tingkat yang paling sederhana menuju kearah yang lebih
           kompleks  dan  memiliki  hubungan  yang  hierarkis.  Artinya
           jika belajar keterampilan intelektual atau kognitif yang lebih
           tinggi, memerlukan penguasaan keterampilan intelektual atau
           kognitif yang lebih rendah. Untuk itu butir-butir soal disusun
           dari yang sederhana ke tingkat yang lebih  sukar. Butir-butir
           soal  juga disusun dari tujuan belajar yang sudah ditentukan
           yang  pengukurannya  berdasarkan  dari  domain  kognitif.
           Tujuannya untuk melihat sejauh mana peserta didik menguasai

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   387   388   389   390   391   392   393   394   395   396   397