Page 392 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 392
360 Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
Domain kognitif ini mempunyai enam tingkatan.
Tingkatan Mengingat (C1) dan Tingkatan Memahami (C2)
adalah Tingkatanyangpaling rendah, menunjukkankompetensi
yang paling sederhana, sementara Tingkat Penerapan (C3),
Analisis (C4) Sintesis (C5) dan Evaluasi (C6) adalah tingkatan
yang lebih kompleks, menunjukkan proses berpikir yang lebih
tinggi dan mengandung unsur pemecahan masalah. Tingkatan
yang paling sederhana, seperti mengingat dan memahami
tetap diukur, seperti halnya mengukur tingkat berpikir yang
lebih tinggi dalam pemecahan masalah yaitu, Penerapan (C3)
Analisis (C4) Sintesis (C5) dan Evaluasi (C6).
Menurut Gagne, Bloom, dan Merril (1977), Kapabilitas
belajar yang paling kompleks adalah Kapabilitas Pemecahan
Masalah. Tujuan untuk menghasilkan kapabilitas kognitif ini
adalah, kemampuan yang diharapkan agar dapat menggunakan
simbol-simbol dan sejenisnya dalam materi pelajaran
Matematika untuk mengorganisasikan dan berinteraksi
dengan lingkungannya.
Seperti apa yang dikatakan oleh Gagne (1985)
keterampilan intelektual atau kognitif ini bersifat kontinum
dari tingkat yang paling sederhana menuju kearah yang lebih
kompleks dan memiliki hubungan yang hierarkis. Artinya
jika belajar keterampilan intelektual atau kognitif yang lebih
tinggi, memerlukan penguasaan keterampilan intelektual atau
kognitif yang lebih rendah. Untuk itu butir-butir soal disusun
dari yang sederhana ke tingkat yang lebih sukar. Butir-butir
soal juga disusun dari tujuan belajar yang sudah ditentukan
yang pengukurannya berdasarkan dari domain kognitif.
Tujuannya untuk melihat sejauh mana peserta didik menguasai
PROFIL GURU MASA DEPAN