Page 390 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 390

358        Penilaian Dan Pengukuran Hasil
                Belajar Peserta Didik

             2.  Pemahaman

             3.  Penerapan
             4.  Analisis
             5.  Sintesis
             6.  Evaluasi.

                 Dalam  taksonomi  Bloom  pada  domain  kognitif  jika
           diaplikasikan  kedalam  Tujuan  Instruksional  Khusus  (TIK)
           seperti  contoh  yang  berikut  ini,  misalnya  dalam  materi
           pelajaran Matematika, adalah sebagai berikut:

             a.  Tingkat Pengetahuan (Knowledge)
                       Diartikan  sebagai,  kemampuan  peserta  didik
                 dalam mengingat definisi-definisi, notasi-notasi, konsep-
                 konsep  dan  dalil-dalil.  Atau  mengingat  kembali  atau
                 mengulang kembali pengetahuan yang sudah diterima.
                 Berbagai  teknik  dan  keterampilan  menggunakan
                 langsung  kalkulasi  dan  komputasi,  dan  kemampuan
                 memanipulasi lambang-lambang.

             b. Tingkat Pemahaman (Comprehension)
                       Diartikan  sebagai  kemampuan  peserta  didik
                 menterjemahkan data dari satu bentuk ke bentuk lainnya
                 dengan caranya sendiri menafsirkan atau menyimpulkan
                 arti data dan mengembangkan nalar (reasoning).

             c. Tingkat Penerapan (Application)
                       Diartikan  sebagai  kemampuan  peserta  didik
                 dalam menggunakan pengetahuan ke situasi baru untuk
                 memecahkan  berbagai  masalah  yang  timbul  dalam
                 kehidupan sehari-hari.



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   385   386   387   388   389   390   391   392   393   394   395