Page 390 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 390
358 Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
2. Pemahaman
3. Penerapan
4. Analisis
5. Sintesis
6. Evaluasi.
Dalam taksonomi Bloom pada domain kognitif jika
diaplikasikan kedalam Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
seperti contoh yang berikut ini, misalnya dalam materi
pelajaran Matematika, adalah sebagai berikut:
a. Tingkat Pengetahuan (Knowledge)
Diartikan sebagai, kemampuan peserta didik
dalam mengingat definisi-definisi, notasi-notasi, konsep-
konsep dan dalil-dalil. Atau mengingat kembali atau
mengulang kembali pengetahuan yang sudah diterima.
Berbagai teknik dan keterampilan menggunakan
langsung kalkulasi dan komputasi, dan kemampuan
memanipulasi lambang-lambang.
b. Tingkat Pemahaman (Comprehension)
Diartikan sebagai kemampuan peserta didik
menterjemahkan data dari satu bentuk ke bentuk lainnya
dengan caranya sendiri menafsirkan atau menyimpulkan
arti data dan mengembangkan nalar (reasoning).
c. Tingkat Penerapan (Application)
Diartikan sebagai kemampuan peserta didik
dalam menggunakan pengetahuan ke situasi baru untuk
memecahkan berbagai masalah yang timbul dalam
kehidupan sehari-hari.
PROFIL GURU MASA DEPAN