Page 393 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 393

Belajar Peserta Didik  361
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

               kemampuan pemecahan masalah yang terdapat di dalam
               domain kognitif terutama dalam mata pelajaran Matematika
               atau mata pelajaran lainnya.

                     Dalam taksonomi Bloom (1977) pada domain kognitif
               yang  disebut  di  atas,  dapat  diaplikasikan  ke  dalam  Tujuan
               Instruksional Khusus dalam salah satu mata pelajaran seperti
               Matematika. Domain kognitif dengan aspek-aspeknya inilah
               yang dijadikan dimensi dalam menentukan score hasil belajar
               peserta  didik.  Adapun  indikator  yang  memuat  kemampuan
               dalam  hal:  1.Mengingat,  2.Memahami,  3.Menerapkan,
               4.Menganalisis, 5.Mensintesis, dan 6.Mengevaluasi. Secara
               visual dapat di gambarkan sebagai berikut :






























               Selanjutnya indikator tersebut dirinci lebih detail dalam bentuk
               kata kerja sebagaimana terlihat dalam tabel berikut ini.





                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   388   389   390   391   392   393   394   395   396   397   398