Page 393 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 393
Belajar Peserta Didik 361
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
kemampuan pemecahan masalah yang terdapat di dalam
domain kognitif terutama dalam mata pelajaran Matematika
atau mata pelajaran lainnya.
Dalam taksonomi Bloom (1977) pada domain kognitif
yang disebut di atas, dapat diaplikasikan ke dalam Tujuan
Instruksional Khusus dalam salah satu mata pelajaran seperti
Matematika. Domain kognitif dengan aspek-aspeknya inilah
yang dijadikan dimensi dalam menentukan score hasil belajar
peserta didik. Adapun indikator yang memuat kemampuan
dalam hal: 1.Mengingat, 2.Memahami, 3.Menerapkan,
4.Menganalisis, 5.Mensintesis, dan 6.Mengevaluasi. Secara
visual dapat di gambarkan sebagai berikut :
Selanjutnya indikator tersebut dirinci lebih detail dalam bentuk
kata kerja sebagaimana terlihat dalam tabel berikut ini.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN