Page 397 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 397
Belajar Peserta Didik 365
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Rangkuman
Salah satu upaya guru untuk mengukur capaian belajar
dan perkembangan peserta didik adalah melalui penilaian
hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana
kemampuan peserta didik atau untuk mengambil keputusan
dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan guru,
atau menggunakan informasi yang diperoleh melalui
pengukuran hasil belajar. Tujuan digunakannya penilaian
hasil belajar memberikan panduan belajar lebih lanjut kepada
peserta didik dan sekaligus dapat memperbaiki kualitas hasil
belajar.
Selanjutnya, guru perlu memperjelas seperti apa
penilaian hasil belajar yang akan dilakukan untuk mengukur
capaian belajar peserta didik. Semua konsep dan cara
pengukuran hasil belajar ini harus tertulis jelas dalam
rancangan instruksional. Karena harusadainternalkonsistensi
antara pengukuran capaian belajar yang ditetapkan dengan
strategi instruksional yang digunakan, implementasi serta
penilaian hasil belajar untuk dapat mengukur capaian belajar
yang telah dirancang oleh guru.
Istilah kompetensi seringkali digunakan secara
bergantian dengan istilah capaian pembelajaran, walaupun
kedua istilah ini memiliki perbedaan dari segi pendekatan
dan ruang lingkup. Kompetensi ini dapat dihubungkan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN