Page 397 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 397

Belajar Peserta Didik  365
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

               Rangkuman

                     Salah satu upaya guru untuk mengukur capaian belajar

               dan perkembangan peserta didik adalah melalui penilaian
               hasil  belajar.  Penilaian  hasil  belajar  merupakan  suatu
               kegiatan  yang  dilakukan  untuk  mengetahui  sejauh  mana
               kemampuan peserta didik atau untuk mengambil keputusan

               dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan guru,
               atau  menggunakan  informasi  yang  diperoleh  melalui
               pengukuran  hasil  belajar.  Tujuan  digunakannya  penilaian

               hasil belajar memberikan panduan belajar lebih lanjut kepada
               peserta didik dan sekaligus dapat memperbaiki kualitas hasil
               belajar.


                      Selanjutnya,  guru  perlu  memperjelas  seperti  apa
               penilaian hasil belajar yang akan dilakukan untuk mengukur

               capaian  belajar  peserta  didik.  Semua  konsep  dan  cara
               pengukuran  hasil  belajar  ini  harus  tertulis  jelas  dalam
               rancangan instruksional. Karena harusadainternalkonsistensi
               antara pengukuran capaian belajar yang ditetapkan dengan

               strategi instruksional yang digunakan, implementasi serta
               penilaian hasil belajar untuk dapat mengukur capaian belajar
               yang telah dirancang oleh guru.


                     Istilah  kompetensi  seringkali  digunakan  secara
               bergantian dengan istilah capaian pembelajaran, walaupun

               kedua istilah ini memiliki perbedaan dari segi pendekatan
               dan ruang lingkup. Kompetensi ini dapat dihubungkan

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   392   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402