Page 398 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 398
366 Penilaian Dan Pengukuran Hasil
Belajar Peserta Didik
dengan capaian pembelajaran (learning outcomes). Menurut
para ahli pendidikan, salah satu konsep di dalam kegiatan
instruksional adalah bagaimana cara mengukur capaian
belajar peserta didik yang diperoleh dari kompetensi
belajar yang komprehensip dibidang domain kognitif,
domain efektif, dan domain psikomotor. Karena kompetensi
capaian belajar yang harus dicapai oleh peserta didik tidak
hanya menitik beratkan pada kompetensi belajar dibidang
pengetahuan atau hanya menghafal kata-kata dan konsep
saja. Akan tetapi kompetensi capaian belajar yang diperoleh
peserta didik harus komprehensif yang terdapat juga dalam
domain domain yang lain.
Para ahli pendidikan berpendapat bahwa tujuan
pendidikan tidak hanya menitik beratkan pada perolehan
kompetensi belajar dalam bidang seperti domain afektif
dan domain psikomotor. Akan tetapi harus mampu juga
memperoleh kompetensi yang terdapat dalam domain
kognitif.
Glosarium
Pengertian Penilaian Hasil Belajar
Kegiatan untuk mengetahui apakah sesuatu yang telah
kita kerjakan telah berhasil atau belum melalui suatu
alat pengukuran berupa tes ataupun nontes.
PROFIL GURU MASA DEPAN