Page 398 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 398

366        Penilaian Dan Pengukuran Hasil
                Belajar Peserta Didik

           dengan capaian pembelajaran (learning outcomes). Menurut
           para ahli pendidikan, salah satu konsep di dalam kegiatan

           instruksional  adalah  bagaimana  cara  mengukur  capaian
           belajar  peserta  didik  yang  diperoleh  dari  kompetensi
           belajar  yang  komprehensip  dibidang  domain  kognitif,

           domain efektif, dan domain psikomotor. Karena kompetensi
           capaian belajar yang harus dicapai oleh peserta didik tidak
           hanya menitik beratkan pada kompetensi belajar dibidang
           pengetahuan  atau  hanya  menghafal  kata-kata  dan  konsep

           saja. Akan tetapi kompetensi capaian belajar yang diperoleh
           peserta didik harus komprehensif yang terdapat juga dalam
           domain domain yang lain.


                 Para  ahli  pendidikan  berpendapat  bahwa  tujuan
           pendidikan  tidak  hanya  menitik  beratkan  pada  perolehan

           kompetensi  belajar  dalam  bidang  seperti  domain  afektif
           dan  domain  psikomotor.  Akan  tetapi  harus  mampu  juga
           memperoleh  kompetensi  yang  terdapat  dalam  domain

           kognitif.


           Glosarium

           Pengertian Penilaian Hasil Belajar

                 Kegiatan untuk mengetahui apakah sesuatu yang telah
                 kita kerjakan telah berhasil atau belum melalui suatu

                 alat pengukuran berupa tes ataupun nontes.




           PROFIL GURU MASA DEPAN
   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403