Page 391 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 391

Belajar Peserta Didik  359
                                               Penilaian Dan Pengukuran Hasil

                 d. Tingkat Analisis (Analysis)
                           Diartikan  sebagai,  kemampuan  peserta  didik
                     menganalisa informasi yang diberikan kedalam berbagai

                     bagian-bagian,  mengklasifikasi  menjadi  beberapa
                     kategori  dengan  tujuan  agar  dapat  menghubungkan
                     dengan  data-data  yang  lain.  Atau  kemampuan  peserta

                     didik  dalam  merinci  dan  membandingkan  data  yang
                     rumit.

                 e.  Tingkat Sintesis (Synthesis)
                           Diartikan sebagai, kemampuan peserta didik dalam
                     menyatukan elemen-elemen yang diberikan membentuk

                     pola baru atau struktur yang lebih menyeluruh.

                 f. Tingkat Evaluasi (Evaluation)
                           Diartikan  sebagai,  sebagai  kemampuan  peserta
                     didik membuat pertimbangan dalam membuat perkiraan

                     atau  keputusan  yang  tepat  berdasarkan  kriteria  atau
                     pengetahuan  yang  dimilikinya  atau  menilai  informasi
                     sebagai hasil analisis. Menyelesaikan soal yang meliputi
                     generalisasi, evaluasi, bukti dan sebagainya.


                     Selanjutnya untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran
               Matematika  diperoleh  dengan  menggunakan  Tes  Hasil
               Belajar  Matematika.  Tes  tersebut  dirancang  mengacuh  pada
               taksonomi  Bloom  dalam  domain  kognitif.  Domain  kognitif
               dengan aspek-aspeknya inilah yang dijadikan dimensi dalam

               menentukan  score  hasil  belajar  peserta  didik  dalam  mata
               pelajaran Matematika.




                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   386   387   388   389   390   391   392   393   394   395   396