Page 391 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 391
Belajar Peserta Didik 359
Penilaian Dan Pengukuran Hasil
d. Tingkat Analisis (Analysis)
Diartikan sebagai, kemampuan peserta didik
menganalisa informasi yang diberikan kedalam berbagai
bagian-bagian, mengklasifikasi menjadi beberapa
kategori dengan tujuan agar dapat menghubungkan
dengan data-data yang lain. Atau kemampuan peserta
didik dalam merinci dan membandingkan data yang
rumit.
e. Tingkat Sintesis (Synthesis)
Diartikan sebagai, kemampuan peserta didik dalam
menyatukan elemen-elemen yang diberikan membentuk
pola baru atau struktur yang lebih menyeluruh.
f. Tingkat Evaluasi (Evaluation)
Diartikan sebagai, sebagai kemampuan peserta
didik membuat pertimbangan dalam membuat perkiraan
atau keputusan yang tepat berdasarkan kriteria atau
pengetahuan yang dimilikinya atau menilai informasi
sebagai hasil analisis. Menyelesaikan soal yang meliputi
generalisasi, evaluasi, bukti dan sebagainya.
Selanjutnya untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran
Matematika diperoleh dengan menggunakan Tes Hasil
Belajar Matematika. Tes tersebut dirancang mengacuh pada
taksonomi Bloom dalam domain kognitif. Domain kognitif
dengan aspek-aspeknya inilah yang dijadikan dimensi dalam
menentukan score hasil belajar peserta didik dalam mata
pelajaran Matematika.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN