Page 118 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 118
98
mengasah kecerdasan, memperoleh berbagai
keterampilan termasuk keterampilan hidup, serta
belajar membentuk berbagai kebiasaan atau sikap.
Dalam pembelajaran peserta didik harus dilibatkan
secara optimal, baik intelektual maupun emosional.
Masalah utama yang dihadapi guru khususnya untuk
anak anak yang cerdas adalah bagaimana cara
melibatkan peserta didik ini dalam kegiatan
instruksional secara optimal.
Oleh karena itulah, keinginan untuk
mencerdaskan peserta didik seutuhnya memerlukan
proses yang panjang. Semakin cerdas dan berkualitas
seorang guru mengolah dan mengatur strategi
pembelajaran yang mendidik semakin mudah peserta
didik menerima ilmu yang diajarkan. Dari sentuhan
pembelajaran yang mendidik inilah, peserta didik
akan mempunyai sudut pandang lebih maju, sehingga
nantinya mereka akan mampu menatap masa depan
yang lebih cerah dan mampu melaksanakan kebutuhan
hidupnya secara mandiri, tanpa bergantung kepada
orang lain. Untuk itu seorang guru memerlukan
keterampilan pembelajaran yang mendidik agar dapat
menerapkan kegiatan instruksional yang profesional.
Artinya guru harus memiliki kemampuan
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran,
kemampuan menilai proses dan hasil pembelajaran,
serta kemampuan menindaklanjuti hasil asesmen
PROFIL GURU MASA DEPAN