Page 118 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 118

98

                    mengasah     kecerdasan,   memperoleh      berbagai
                    keterampilan  termasuk  keterampilan  hidup,  serta
                    belajar  membentuk  berbagai  kebiasaan  atau  sikap.

                    Dalam  pembelajaran  peserta  didik  harus  dilibatkan
                    secara optimal, baik  intelektual maupun emosional.
                    Masalah utama yang dihadapi  guru  khususnya untuk

                    anak  anak  yang  cerdas    adalah    bagaimana  cara
                    melibatkan  peserta  didik  ini  dalam  kegiatan
                    instruksional secara optimal.

                         Oleh    karena    itulah,   keinginan   untuk
                    mencerdaskan  peserta  didik  seutuhnya  memerlukan

                    proses yang panjang. Semakin cerdas dan berkualitas
                    seorang  guru  mengolah  dan  mengatur  strategi
                    pembelajaran yang mendidik semakin mudah peserta
                    didik menerima ilmu yang diajarkan. Dari sentuhan

                    pembelajaran  yang  mendidik  inilah,  peserta  didik
                    akan mempunyai sudut pandang lebih maju, sehingga
                    nantinya mereka akan mampu menatap masa  depan
                    yang lebih cerah dan mampu melaksanakan kebutuhan

                    hidupnya  secara  mandiri,  tanpa  bergantung  kepada
                    orang  lain.  Untuk  itu  seorang  guru  memerlukan
                    keterampilan pembelajaran yang mendidik agar dapat
                    menerapkan kegiatan instruksional yang profesional.


                         Artinya  guru  harus  memiliki  kemampuan
                    merencanakan  dan  melaksanakan  pembelajaran,
                    kemampuan menilai proses dan hasil pembelajaran,
                    serta   kemampuan   menindaklanjuti   hasil  asesmen


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123