Page 122 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 122
102
laboratorium, maupun lapangan. Melaksanakan
pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium,
dan di lapangan dengan memperhatikan standar
keamanan yang dipersyaratkan. Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang
diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara
utuh. Disamping itu, guru dapat dengan cepat
mengambil keputusan transaksional dalam
pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang
berkembang.
Semua tugas yang dijelaskan di atas, merupakan
kompetensi inti guru, yang tertuang didalam penjabaran
“standar kompetensi guru mata pelajaran di SD/MI”
dan yang setara. Artinya, dalam hal ini guru harus dapat
melaksanakan semua kompetensi yang telah disebut
di atas. Dari penjabaran kompetensi tersebut, jelaslah
bahwa tugas dan peran guru sangat berat, yaitu, harus
dapat melaksanakan sistem pendidikan nasional dan
mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
d. Mengembangkan Kemampuan Profesional Secara
Berkelanjutan
Setiap ada peluang untuk belajar guna
meningkatkan profesionalitas, guru harus memiliki
kemampuan dalam memanfaatkannya. Tujuannya
agar pembelajaran yang dikelola guru tersebut
PROFIL GURU MASA DEPAN