Page 122 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 122

102

                    laboratorium,  maupun  lapangan.  Melaksanakan
                    pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium,
                    dan  di  lapangan  dengan  memperhatikan  standar

                    keamanan yang dipersyaratkan. Menggunakan  media
                    pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan
                    karakteristik  peserta  didik  dan  mata pelajaran  yang

                    diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara
                    utuh.  Disamping  itu,  guru  dapat    dengan    cepat
                    mengambil      keputusan    transaksional    dalam
                    pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang
                    berkembang.


                         Semua tugas yang dijelaskan di atas, merupakan
                    kompetensi inti guru, yang tertuang didalam penjabaran

                    “standar kompetensi guru mata pelajaran di SD/MI”
                    dan yang setara. Artinya, dalam hal ini guru harus dapat
                    melaksanakan semua kompetensi yang telah disebut
                    di atas. Dari penjabaran kompetensi tersebut, jelaslah
                    bahwa tugas dan peran guru sangat berat, yaitu, harus

                    dapat melaksanakan sistem pendidikan nasional dan
                    mewujudkan tujuan pendidikan nasional.


                d.  Mengembangkan Kemampuan Profesional Secara
                   Berkelanjutan
                         Setiap  ada  peluang  untuk  belajar  guna
                    meningkatkan  profesionalitas,  guru  harus  memiliki
                    kemampuan  dalam  memanfaatkannya.  Tujuannya

                    agar pembelajaran yang dikelola guru tersebut

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127