Page 119 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 119

99


                        untuk perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan.
                        Guru perlu dilatih dan dididik secara terus menerus
                        agar memiliki pengetahuan, kecakapan, keterampilan

                        dan sikap yang diperlukan untuk dapat menerapkan
                        konsep pembelajaran yang mendidik.

                             Selanjutnya  sebagai  guru,  Anda  dapat
                        menyelenggarakan  pembelajaran  yang  mendidik
                        dengan    menerapkan     berbagai    prinsip-prinsip

                        teknologi pembelajaran. Menurut Suparman (2012),
                        meningkatkan     kualitas   pembelajaran    dengan
                        menggunakan  teknologi   pembelajaran   adalah tidak

                        sederhana,  tetapi  tidak    terlalu    kompleks    untuk
                        dipelajari pengajar atau pengelola proram pendidikan,
                        manakala    guru    cukup     berkeinginan    untuk
                        meningkatkan  keprofesionalnya.  Setiap  teknologi
                        dibangun  atas  dasar  teori  tertentu,  demikian  pula

                        dengan teknologi pembelajaran, dibangun atas dasar
                        prinsip-prinsip  yang  bersumber  dari  teori  psikologi
                        terutama teori belajar dan hasil-hasil penelitian dalam

                        kegiatan instruksional (instruction).

                             Selanjutnya  Anda  dapat  mempelajari  konsep
                        bagaimana    menyelenggarakan    pembelajaran yang
                        mendidik  dan  Anda  dapat  membahas  dan
                        mempelajarinya  secara  mendalam,  sehingga  Anda

                        memiliki  kemampuan  untuk  menyelenggarakan
                        pembelajaran yang mendidik secara benar  dan sesuai
                        dengan landasan pembelajaran dan teori-teori


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124