Page 117 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 117

97


                             Sejalan dengan Undang-Undang tersebut guru
                        juga  berperan  sebagai  agen  pembelajaran  (learning
                        agent) yaitu: sebagai fasilitator, motivator, pemacu,

                        perekayasa  pembelajaran,  dan  pemberi  inspirasi
                        belajar bagi peserta didik. Kedudukan guru sebagai
                        tenaga  profesional  berfungsi  untuk  meningkatkan
                        martabat  guru  serta  perannya  sebagai  agen

                        pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan
                        nasional.

                             Sejalan dengan fungsi tersebut, kedudukan guru
                        sebagai   tenaga   profesional   bertujuan   untuk

                        melaksanakan  sistem  pendidikan  nasional  dan
                        mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional,  yakni
                        berkembangnya  potensi  peserta  didik  agar  menjadi
                        manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
                        Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,

                        cakap,  kreatif,  mandiri.  Disisi  lain  pada  dasarnya
                        pembelajaran  yang  mendidik  mengacuh  kepada
                        penguasaan  atau  pencapaian  Standar  Kompetensi

                        Guru yang telah ditetapkan oleh standar tertentu.

                             Sejalan dengan pendapat tersebut, menurut Joni
                        dalam    Wardani     (2011),   secara    sederhana,
                        pembelajaran  yang  mendidik  dapat  didefinisikan
                        sebagai  pembelajaran  yang  memberi  kesempatan

                        kepada peserta didik untuk menghayati pengalaman
                        belajar  yang  memungkinkan  mereka  menguasai
                        pengetahuan dari berbagai bidang pelajaran,


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122