Page 112 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 112

92

                    diri peserta didik, maka aspek-aspek yang bersifat
                    individual menjadi sangat relevan diperhatikan.


                         Oleh karena itu, guru perlu memiliki kompetensi
                    yang  mampu  memahami  latar  belakang  keluarga,
                    lingkungan dan masyarakat peserta didiknya. Disisi

                    lain  guru  juga  harus  memahami  perkembangan
                    jasmani, emosi dan sosial, bahasa, moral, dan kognitif
                    peserta didik. Aspek perkembangan tersebut berbeda
                    bagi setiap individu dan berkembang sesuai dengan
                    berbagai  pola.  Guru,  perlu  belajar  dan  memahami

                    berbagai  teori  perkembangan  kognitif,       teori
                    perkembangan emosi, dan teori perkembangan sosial.


                         Menurut     Tim     Penyusun     Alur    Pikir
                    Pengembangan      Kurikulum    S1-PGSD      (2006),
                    pengetahuan guru yang luas tentang hakikat dan  ciri-
                    ciri  perkembangan  peserta  didik  memberikan
                    landasan yang diperlukan bagi guru untuk mengambil

                    keputusan secara tepat. Tugas utama guru, khususnya
                    adalah  memfasilitasi  agar  semua  peserta  didik
                    berhasil.  Tujuan  ini  dapat  dicapai  bila  guru  tidak

                    terlalu  menuntut  (demanding)  dari  sisi  subtansi
                    kurikuler  dan  berusaha  menyesuaikan  tugas-tugas
                    pembelajaran dengan tingkat perkembangan anak.

                         Hal  ini,  berarti  guru  diharapkan  mencintai,

                    setidak-tidaknya menyukai peserta didiknya, karena

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117