Page 112 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 112
92
diri peserta didik, maka aspek-aspek yang bersifat
individual menjadi sangat relevan diperhatikan.
Oleh karena itu, guru perlu memiliki kompetensi
yang mampu memahami latar belakang keluarga,
lingkungan dan masyarakat peserta didiknya. Disisi
lain guru juga harus memahami perkembangan
jasmani, emosi dan sosial, bahasa, moral, dan kognitif
peserta didik. Aspek perkembangan tersebut berbeda
bagi setiap individu dan berkembang sesuai dengan
berbagai pola. Guru, perlu belajar dan memahami
berbagai teori perkembangan kognitif, teori
perkembangan emosi, dan teori perkembangan sosial.
Menurut Tim Penyusun Alur Pikir
Pengembangan Kurikulum S1-PGSD (2006),
pengetahuan guru yang luas tentang hakikat dan ciri-
ciri perkembangan peserta didik memberikan
landasan yang diperlukan bagi guru untuk mengambil
keputusan secara tepat. Tugas utama guru, khususnya
adalah memfasilitasi agar semua peserta didik
berhasil. Tujuan ini dapat dicapai bila guru tidak
terlalu menuntut (demanding) dari sisi subtansi
kurikuler dan berusaha menyesuaikan tugas-tugas
pembelajaran dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini, berarti guru diharapkan mencintai,
setidak-tidaknya menyukai peserta didiknya, karena
PROFIL GURU MASA DEPAN