Page 113 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 113

93


                        sebagai guru setiap hari selama jam sekolah akan
                        bertugas  membimbing  dan  bertemu  dengan  peserta
                        didik.  Dalam  kegiatan  instruksional,  seorang  guru

                        juga diharapkan dapat :
                        1). Memperlakukan para peserta didiknya secara  adil
                           agar  setiap  peserta  didik  dapat  memperoleh
                           kesempatan  yang  sama  untuk  mengembangkan

                           potensi-potensi  yang  dimiliki  secara  maksimal,
                           tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan,
                           dan status sosial.
                        2). Perserta didik merasa diterima oleh lingkungannya

                           dan sikap ini dimulai dari guru.

                    b.  Kemampuan Menguasai Bidang Studi
                             Kemampuan  menguasai  bidang  studi,  artinya

                        guru harus menguasai subtansi dan metodologi bidang
                        ilmu (disciplinary content knowledge) sesuai dengan
                        bidang ilmu yang bersangkutan, disertai kemampuan
                        mengemas dan memilih bidang ilmu tersebut menjadi

                        bahan ajar yang sesuai dengan konteks kurikuler dan
                        kebutuhan  peserta  didik  (pedagogical  content
                        knowledge).  Kemampuan  menguasai  bidang  studi,
                        sesuai  dengan  mata  kuliah  yang  diampu  atau

                        latarbelakang pendidikan.

                             Pada  dasarnya  guru  yang  kompeten,  haruslah
                        menguasai materi yang akan diajarkan pada peserta

                        didik. Guru harus dapat melaksanakan tujuan

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118