Page 114 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 114

94

                    sistem pendidikan nasional  dan  mewujudkan  tujuan
                    pendidikan    nasional.    Artinya    guru    dapat
                    mengembangkan  potensi  peserta  didik  secara

                    maksimal.    Adapun     yang   dimaksud     dengan
                    perkembangan potensi peserta didik  secara maksimal
                    adalah,  setiap  anak  yang  lahir  ke  dunia  memiliki

                    potensi yang berkaitan dengan aspek fisik dan psikis,
                    yang  tidak  dapat  di  rubah  adalah  potensi  fisik  atau
                    potensi  bawaan  yang  merupakan  faktor  turunan.
                    Faktor  psikis  yang  berkaitan  dengan  mental,
                    emosional,  sosial  dan  intelektual,  potensi  ini  dapat

                    berkembang dengan baik. Jika guru dapat mengamati
                    dengan  cermat  setiap  potensi  yang  dimiliki  peserta
                    didik,  untuk  diberikan  stimulasi  yang  tepat  agar
                    potensi tersebut berkembang dengan maksimal.


                         Untuk seorang guru penguasaan materi bidang
                    studi  sesuai  dengan  latar  belakang  pendidikannya,
                    merupakan kunci untuk menjadi guru yang memiliki

                    kompetensi.  Atau  dengan  kata  lain,  kompetensi
                    profesional  utama  yang  harus  dimilki  oleh  seorang
                    guru  adalah  penguasaan  materi  bidang  studi  sesuai

                    dengan  latarbelakang  pendidikannya.Penguasaan
                    materi  bidang  studi  adalah  landasan  pokok  untuk
                    keterampilan  mengajar.  Pada   umumnya   para  ahli
                    pendidikan    berpendapat    bahwa     kemampuan
                    menguasai  bidang  studi  adalah,  kemampuan

                    mengetahui, memahami, mengaplikasikan,

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119