Page 107 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 107

87


               VI pasal 28 Ayat 3 dan Penjelasan dalam Peraturan Pemerintah
               Indonesia  Nomor:  19  Tahun 2005  tentang  Standar  Nasional
               Pendidikan  menunjukkan  bahwa  pemisahan  kompetensi

               akademik dan kompetensi profesional, memberi kesan seolah-
               olah pembentukan kompetensi tersebut berfragmentasi. Padahal
               dalam kenyataannya, sosok utuh kompetensi profesional  guru
               hanya  mungkin  dikuasai  jika  calon  guru  menguasai

               kompetensi akademik serta mampu menerapkan kompetensi
               dalam  konteks  otentik  di  Sekolah.  Kompetensi  profesional
               hanya dideskripsikan meliputi penguasaan bidang studi secara
               luas dan mendalam. Hal ini menimbulkan distorsi konseptual

               dalam sosok utuh kompetensi profesional guru. Oleh karena
               itu, kompetensi yang terdapat dalam PP Nomor: 19 tahun 2005
               di  akomodasi  dan  ditata  kembali,  sehingga  dapat  dijadikan
               acuan  yang  terdapat  dalam  Naskah  Akademik  Pendidikan

               Profesional Guru yang dijadikan acuan dalam pengembangan
               berbagai panduan.
                     Selanjutnya,  dalam  Undang-Undang  Nomor  12  Tahun
               2012  Tentang  Pendidikan  Tinggi  ditegaskan  kembali  dan

               dikonstitualkanmenjadi:’’untukberkembangnyapotensipeserta
               didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
               Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu,
               cakap,  terampil,  kompeten,  kreatif,  mandiri,  dan  berbudaya

               untuk  kepentingan  bangsa,  dan  dihasilkannya  lulusan  yang
               menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk
               memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing
               bangsa; serta dihasilkannya ilmu pengetahuan dan teknologi

               melalui penelitian yang memperhatikan dan menerapkan

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112