Page 190 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 190
Sampai saat ini Bogasari mampu menelorkan sekitar 100.000 alumni yang
menjadi tulang punggung pemasaran produk Bogasari.
Kemudian kelompok Sampoerna memiliki Sampoerna Foundation yang
secara strategis, sistematik dan fokus menjalankan aktivitas CSR-nya di
bidang pendidikan dan peningkatan mutu SDM. Upaya ini bagian dari core
strategy kelompok ini dalam membangun corporate image di tengah
persaingan yang hyper competitive saat ini. Di dalam Sampoerna Foundation,
misi utamanya adalah value creation.
Perusahaan lain yang punya komitmen kuat dalam mengembangkan
UMKM yaitu PT Carrefour Indonesia. Coba jika kita ke Carrefour, melihat ada
gerai Pojok Rakyat, yang banyak menyajikan jajakan makanan, kerajinan dan
berbagai jenis barang berkualita produk UMKM binaan Carrefour. Kini
setelah resmi menjadi milik PT Trans Retail Indonesia sejak awal 2014 lalu,
kini Carrefour Indonesia semakin gencar mendukung dan membina Usaha
Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sebagai salah satu retail modern
terbesar di Indonesia, Carrefour memberikan sejumlah program guna
mendukung para pelaku UMKM mengembangkan usaha. Pertama,
membantu UMKM untuk mengakses pasar. Kedua, dukungan promosi, ketiga
evaluasi usaha, keempat capacity building. Menurut Direktur Corporate
Affairs PT Trans Retail Indonesia, RM. Adji Srihandoyo, seluruh gerai
Carrefour sudah menjual 95 % produk lokal . Langkah nyata ini didorong oleh
insiatif perusahaan yang ingin menjadi pelopor industri ritel yang sepenuhnya
berbendera Indonesia. Dari 120 UMKM di booth Pojok Rakyat tersebut telah
mencatat laba bersih penjualannya sebesar Rp 11,2 miliar tahun 2013 dan
pada kuartal pertama tahun 2014 ini telah tercatat sebesar Rp 4,06 miliar.
Upaya ini sendiri dimaksudkan juga, untuk mendongkrak produk UMKM
untuk dapat masuk di pasar modern. Upaya ini juga sebagai jalan keluar dari
kendala pemasaran yang selama ini menjadi masalah utama mengapa UMKM
sulit berkembang. Wujud nyata pemikiran Carrefour tersebut dapat dilihat
dari tersedianya pojok rakyat yang ditempatkan di pintu masuk toko-toko
Carrefour yang berada di seluruh Indonesia.
Dalam kaitan ini, kepedulian perusahaan besar akan memberi manfaat
kepada kedua belah pihak, khususnya dalam rangka pengurangan dampak
gejolak sosial sebagai akibat adanya kecemburuan. Pengembangan program
kemitraan dengan pola CSR ini dapat dilakukan dalam berbagai pola, seperti
community development, peningkatan kapasitas, promosi produk, bahkan
perkuatan permodalan bagi Usaha Mikro dan Kecil. Menurut Ali (2007) secara