Page 190 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 190

Sampai saat ini Bogasari mampu menelorkan sekitar 100.000 alumni yang
        menjadi tulang punggung pemasaran produk Bogasari.
            Kemudian kelompok Sampoerna memiliki Sampoerna Foundation yang
        secara  strategis,  sistematik  dan  fokus  menjalankan  aktivitas  CSR-nya  di
        bidang pendidikan dan peningkatan mutu SDM. Upaya ini bagian dari  core
        strategy  kelompok  ini  dalam  membangun  corporate  image  di  tengah
        persaingan yang hyper competitive saat ini. Di dalam Sampoerna Foundation,
        misi utamanya adalah value creation.
            Perusahaan  lain  yang  punya  komitmen  kuat  dalam  mengembangkan
        UMKM yaitu PT Carrefour Indonesia. Coba  jika kita ke Carrefour, melihat ada
        gerai  Pojok Rakyat, yang banyak menyajikan jajakan makanan, kerajinan dan
        berbagai  jenis  barang  berkualita  produk   UMKM  binaan  Carrefour.  Kini
        setelah resmi menjadi milik PT Trans Retail Indonesia sejak awal 2014 lalu,
        kini Carrefour Indonesia semakin gencar mendukung dan membina Usaha
        Mikro,  Kecil  dan  Menengah  (UMKM).  Sebagai  salah  satu  retail  modern
        terbesar  di  Indonesia,  Carrefour  memberikan  sejumlah  program  guna
        mendukung  para  pelaku  UMKM  mengembangkan  usaha.  Pertama,
        membantu UMKM untuk mengakses pasar. Kedua, dukungan promosi, ketiga
        evaluasi  usaha,  keempat  capacity  building.  Menurut  Direktur  Corporate
        Affairs  PT  Trans  Retail  Indonesia,  RM.  Adji  Srihandoyo,   seluruh  gerai
        Carrefour sudah menjual 95 % produk lokal . Langkah nyata ini didorong oleh
        insiatif perusahaan yang ingin menjadi pelopor industri ritel yang sepenuhnya
        berbendera Indonesia. Dari 120 UMKM di booth Pojok Rakyat tersebut telah
        mencatat laba bersih penjualannya sebesar Rp 11,2 miliar tahun 2013 dan
        pada kuartal pertama tahun 2014 ini telah tercatat sebesar Rp 4,06 miliar.
        Upaya  ini  sendiri  dimaksudkan  juga,  untuk  mendongkrak  produk  UMKM
        untuk dapat masuk di pasar modern. Upaya ini juga sebagai jalan keluar dari
        kendala pemasaran yang selama ini menjadi masalah utama mengapa UMKM
        sulit berkembang. Wujud nyata pemikiran Carrefour tersebut dapat dilihat
        dari tersedianya pojok rakyat yang ditempatkan di pintu masuk toko-toko
        Carrefour yang berada di seluruh Indonesia.
            Dalam kaitan ini, kepedulian perusahaan besar akan memberi manfaat
        kepada kedua belah pihak, khususnya dalam rangka pengurangan dampak
        gejolak sosial sebagai akibat adanya kecemburuan. Pengembangan program
        kemitraan dengan pola CSR ini dapat dilakukan dalam berbagai pola, seperti
        community  development,  peningkatan  kapasitas,  promosi  produk,  bahkan
        perkuatan permodalan bagi Usaha Mikro dan Kecil. Menurut Ali (2007) secara
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195