Page 189 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 189

perkembangan  yang  signifikan.  Menurut  Winarta  (2010),  hal  inilah  yang
               menjadi  fokus  bagi  perusahaan  yang  menerapkan  CSR  pengembangan
               UMKM, bagaimana bisa meningkatkan kelas UMKM sehingga berkembang
               lebih besar lagi. Sebagai masukan bagi perusahaan mengenai pelaksanaan
               program CSR dalam pengembangan UKM lebih difokuskan kepada capacity
               building,  financial  support,  jalur  pemasaran,  dan  kelola  administratif.
               Keempat hal tersebut menurut Winarta (2010), yang menjadi tonggak utama
               dalam suatu usaha. Sayangnya keempat hal tersebut masih sulit dipraktekkan
               dalam usaha kecil dan menengah.
                   Untuk  mengatasi  permasalah  tersebut,  dibutuhkan  tidak  hanya  peran
               dari pemerintah saja akan tetapi dibutuhkan pula peran serta dari masyarakat
               dan  perusahaan  besar.  Peran  serta  masyarakat  dalam  mengembangkan
               UMKM ditunjukkan dengan menjadi tenaga kerja atau pemodal pada UMKM
               tersebut. Sedangkan peran serta perusahaan besar dapat berupa pembinaan
               dan bantuan dana, yang biasanya terkait dengan kegiatan CSR perusahaan.
               Melalui  peran  CSR  dalam  pengembangan  UMKM  maka  akan  sangat
               membantu baik pembentukan maupun pengembangan UMKM di Indonesia.
                   Kepedulian perusahaan besar di Indonesia atas perkembangan UMKM
               masih rendah, hal ini dapat dilihat dari 45 perusahaan yang tergabung dalam
               LQ45  periode  Februari  –  Juli  2014,  hanya  12 perusahaan  yang  melakukan
               kegiatan CSR nya dengan melakukan pemberdayaan UMKM, itu pun sebagian
               dari  perusahaan  tersebut  merupakan  perbankan  yang  wajib  membantu
               UMKM.
                   Rendahnya kegiatan CSR dalam membantu perkembangan UMKM pada
               perusahaan  besar  menunjukkan  kekurangsadaran-nya  perusahaan-
               perusahaan besar, bahwa dengan melakukan binaan terhadap UMKM dapat
               meningkatkan  produktifitas  perusahaan  itu  sendiri.  Sudah  diakui  bahwa
               perusahaan- perusahaan besar tidak akan tumbuh berkembang dengan baik
               tanpa dukungan UMKM. Oleh karena itu, UMKM dan perusahaan-perusahaan
               besar harus selalu bekerjasama satu sama lain agar memanfaatkan peluang-
               peluang demi pertumbuhan dan kemakmuran masyarakat.
                   Sebagai contoh, CSR yang dilakukan oleh Bogasari Flour Milss (BFM) yang
               melakukan  program  strategik  CSR  dengan  membentuk  Bogasari  Baking
               Center  (BBC)  sejak  tahun  1981  dengan  tujuan  strategis  menciptakan
               wirausahawan roti di seluruh tanah air. Memang kemudian, para usahawan
               roti ini menjadi elemen kunci bagi distribusi dan pemasaran produk Bogasari.
   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194