Page 189 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 189
perkembangan yang signifikan. Menurut Winarta (2010), hal inilah yang
menjadi fokus bagi perusahaan yang menerapkan CSR pengembangan
UMKM, bagaimana bisa meningkatkan kelas UMKM sehingga berkembang
lebih besar lagi. Sebagai masukan bagi perusahaan mengenai pelaksanaan
program CSR dalam pengembangan UKM lebih difokuskan kepada capacity
building, financial support, jalur pemasaran, dan kelola administratif.
Keempat hal tersebut menurut Winarta (2010), yang menjadi tonggak utama
dalam suatu usaha. Sayangnya keempat hal tersebut masih sulit dipraktekkan
dalam usaha kecil dan menengah.
Untuk mengatasi permasalah tersebut, dibutuhkan tidak hanya peran
dari pemerintah saja akan tetapi dibutuhkan pula peran serta dari masyarakat
dan perusahaan besar. Peran serta masyarakat dalam mengembangkan
UMKM ditunjukkan dengan menjadi tenaga kerja atau pemodal pada UMKM
tersebut. Sedangkan peran serta perusahaan besar dapat berupa pembinaan
dan bantuan dana, yang biasanya terkait dengan kegiatan CSR perusahaan.
Melalui peran CSR dalam pengembangan UMKM maka akan sangat
membantu baik pembentukan maupun pengembangan UMKM di Indonesia.
Kepedulian perusahaan besar di Indonesia atas perkembangan UMKM
masih rendah, hal ini dapat dilihat dari 45 perusahaan yang tergabung dalam
LQ45 periode Februari – Juli 2014, hanya 12 perusahaan yang melakukan
kegiatan CSR nya dengan melakukan pemberdayaan UMKM, itu pun sebagian
dari perusahaan tersebut merupakan perbankan yang wajib membantu
UMKM.
Rendahnya kegiatan CSR dalam membantu perkembangan UMKM pada
perusahaan besar menunjukkan kekurangsadaran-nya perusahaan-
perusahaan besar, bahwa dengan melakukan binaan terhadap UMKM dapat
meningkatkan produktifitas perusahaan itu sendiri. Sudah diakui bahwa
perusahaan- perusahaan besar tidak akan tumbuh berkembang dengan baik
tanpa dukungan UMKM. Oleh karena itu, UMKM dan perusahaan-perusahaan
besar harus selalu bekerjasama satu sama lain agar memanfaatkan peluang-
peluang demi pertumbuhan dan kemakmuran masyarakat.
Sebagai contoh, CSR yang dilakukan oleh Bogasari Flour Milss (BFM) yang
melakukan program strategik CSR dengan membentuk Bogasari Baking
Center (BBC) sejak tahun 1981 dengan tujuan strategis menciptakan
wirausahawan roti di seluruh tanah air. Memang kemudian, para usahawan
roti ini menjadi elemen kunci bagi distribusi dan pemasaran produk Bogasari.