Page 173 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 173

pengetahuan  dan  keterampilannya  sangat  berpengaruh  terhadap
                       manajemen  pengelolaan  usahanya,  sehingga  usaha  tersebut  sulit
                       untuk  berkembang  dengan  optimal.  Disamping  itu  dengan
                       keterbatasan  kualitas  SDM-nya,  unit  usaha  tersebut  relatif  sulit
                       untuk   mengadopsi   perkembangan   teknologi   baru   untuk
                       meningkatkan daya saing produk yang dihasilkannya.
                   3.  Lemahnya Jaringan Usaha dan Kemampuan Penetrasi Pasar
                       Usaha kecil yang pada umumnya merupakan unit usaha keluarga,
                       mempunyai jaringan usaha yang sangat terbatas dan kemampuan
                       penetrasi pasar yang rendah, ditambah lagi produk yang dihasilkan
                       jumlahnya  sangat  terbatas  dan  mempunyai  kualitas  yang  kurang
                       kompetitif.  Berbeda  dengan  usaha  besar  yang  telah  mempunyai
                       jaringan  yang  sudah  solid  serta  didukung  dengan  teknologi  yang
                       dapat menjangkau internasional dan promosi yang baik.
                   4.  Mentalitas Pengusaha UMKM
                       Hal  penting  yang  seringkali  pula  terlupakan  dalam  setiap
                       pembahasan  mengenai  UMKM,  yaitu  semangat  entrepreneurship
                       para pengusaha UMKM itu sendiri. Semangat yang dimaksud disini,
                       antara lain kesediaan terus berinovasi, ulet tanpa menyerah, mau
                       berkorban  serta  semangat  ingin  mengambil  risiko.  Suasana
                       pedesaan  yang  menjadi  latar  belakang  dari  UMKM  seringkali
                       memiliki andil juga dalam membentuk kinerja.
                   5.  Kurangnya Transparansi
                       Kurangnya  transparansi  antara  generasi  awal  pembangun  UMKM
                       tersebut  terhadap  generasi  selanjutnya.  Banyak  informasi  dan
                       jaringan yang disembunyikan dan tidak diberitahukan kepada pihak
                       yang  selanjutnya  menjalankan  usaha  tersebut  sehingga  hal  ini
                       menimbulkan   kesulitan   bagi   generasi   penerus   dalam
                       mengembangkan usahanya.

               B.  Faktor Eksternal
                   1.  Iklim Usaha Belum Sepenuhnya Kondusif
                       Upaya  pemberdayaan  Usaha  Kecil  dan  Menengah  (UMKM)  dari
                       tahun ke tahun selalu dimonitor dan dievaluasi perkembangannya
                       dalam  hal  kontribusinya  terhadap  penciptaan  Produk  Domestik
                       Bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja, ekspor dan perkembangan
                       pelaku  usahanya  serta  keberadaan  investasi  usaha  kecil  dan
   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178