Page 169 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 169
informasi bagi para UMKM yang sebagian besar berada di daerah pedesaan
atau kota-kota kecil. Melalui tulisan ini penulis mencoba memaparkan
kontribusi dan upaya mengembangkan UMKM dalam menghadapi pasar
persaingan regional dan global dan kontribusinya dalam pendapatan
nasional.
KONDISI UMUM UMKM DI INDONESIA SAAT INI
Pemberdayaan UMKM dan Koperasi merupakan langkah yang strategis
dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari
sebagian terbesar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan
kerja dan mengurangi kesenjangan serta tingkat kemiskinan. Dengan
demikian upaya untuk memberdayakan UMKM harus terencana, sistematis
dan menyeluruh baik pada tataran makro, meso dan mikro yang meliputi
(Bappenas, 2006): (1) penciptaan iklim usaha dalam rangka membuka
kesempatan berusaha seluas-luasnya, serta menjamin kepastian usaha
disertai adanya efisiensi ekonomi; (2) pengembangan sistem pendukung
usaha bagi UMKM untuk meningkatkan akses kepada sumber daya produktif
sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang terbuka dan potensi
sumber daya, terutama sumber daya lokal yang tersedia; (3) pengembangan
kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil dan menengah
(UMKM); dan (4) pemberdayaan usaha skala mikro untuk meningkatkan
pendapatan masyarakat yang bergerak dalam kegiatan usaha ekonomi di
sektor informal yang berskala usaha mikro, terutama yang masih berstatus
keluarga miskin. Selain itu, peningkatan kualitas koperasi untuk berkembang
secara sehat sesuai dengan jati dirinya dan membangun efisiensi kolektif
terutama bagi pengusaha mikro dan kecil.
Perkembangan peran UMKM yang besar ditunjukkan oleh jumlah unit
usaha dan pengusaha, serta kontribusinya terhadap pendapatan nasional,
dan penyediaan lapangan kerja. Pada tahun 2006 - 2010, persentase jumlah
UMKM sebesar 99,9 persen dari seluruh unit usaha. Dan persentase
perkembangan jumlah unit usaha UMKM tahun 2006-2010 sebesar 9,68
persen atau 4.695.062 unit untuk Usaha Mikro (UMi), Usaha Kecil (UK) yang
terdiri 100.999 unit usaha atau 21,37 persen dan jumlah usaha menengah
sebanyak 5.868 unit usaha atau 15,96 persen. Sedangkan perkembangan dari
Usaha Besar periode 2006-2010 hanya sebesar 5,69 persen. Untuk lebih
jelasnya perhatikan Gambar.1. berikut: