Page 167 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 167

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               Dukungan kepada pengajar
                   a.  Dukungan  teknis  pada  pengembangan  mata  kuliah/mata
                      pelajaran:  tidak  semua  pengajar  memiliki  kemampuan
                      teknis untuk mengembangkan mata kuliah/mata pelajaran
                      berbasis teknologi dan oleh karena itu harus disediakan tim
                      pendukung teknik.
                   b.  Dukungan  administratif:  pengajar  perlu  mendapatkan
                      dukungan  dalam  hal  administratif  termasuk  pengaturan
                      beban kerja dan bantuan terkait isu hak cipta (mendapatkan
                      hak cipta atau memintakan ijin penggunaan bahan lain dari
                      pemilik hak cipta) dalam mengembangkan materi.
                   c.  Dukungan pedagogi: dalam pembelajaran online, pengajar
                      diharapkan  dapat  mengajar  menggunakan  cara-cara
                      inovatif dan dengan pedagogi terkini, dan oleh karena perlu
                      mendapat dukungan dari pakar yang menguasai pedagogi
                      terkini dalam pembelajaran online.


 156                                                                          157
               Faktor evaluasi
                   a.  Efektivitas  biaya:  sistem  pembelajaran  online  harus
                      dirancang secara efisien dari segi biaya, namun tetap dapat
                      memfasilitasi  pembelajaran  yang  berkualitas.  Institusi
                      harus menentukan sistem yang paling efektif dalam situasi
                      anggaran yang memungkinkan, dari sisi institusinya maupun
                      pembelajarnya.
                   b.  Efektivitas  pembelajaran:  diukur  dari  pencapai  tujuan
                      yang telah ditetapkan, baik sisi pencapaian tujuan institusi
                      penyelenggara  maupun  tujuan  pembelajar  (pengalaman
                      belajar, kelulusan, IPK, dll.).
                   c.  Kepuasan  pembelajar:  sistem  harus  memfasilitas  umpan
                      balik pembelajar mengenai kepuasan pengalaman belajar
                      mereka agar dapat dilakukan peningkatan kualitas sistem
                      maupun proses pembelajaran secara berkelanjutan.
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172