Page 167 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 167
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Dukungan kepada pengajar
a. Dukungan teknis pada pengembangan mata kuliah/mata
pelajaran: tidak semua pengajar memiliki kemampuan
teknis untuk mengembangkan mata kuliah/mata pelajaran
berbasis teknologi dan oleh karena itu harus disediakan tim
pendukung teknik.
b. Dukungan administratif: pengajar perlu mendapatkan
dukungan dalam hal administratif termasuk pengaturan
beban kerja dan bantuan terkait isu hak cipta (mendapatkan
hak cipta atau memintakan ijin penggunaan bahan lain dari
pemilik hak cipta) dalam mengembangkan materi.
c. Dukungan pedagogi: dalam pembelajaran online, pengajar
diharapkan dapat mengajar menggunakan cara-cara
inovatif dan dengan pedagogi terkini, dan oleh karena perlu
mendapat dukungan dari pakar yang menguasai pedagogi
terkini dalam pembelajaran online.
156 157
Faktor evaluasi
a. Efektivitas biaya: sistem pembelajaran online harus
dirancang secara efisien dari segi biaya, namun tetap dapat
memfasilitasi pembelajaran yang berkualitas. Institusi
harus menentukan sistem yang paling efektif dalam situasi
anggaran yang memungkinkan, dari sisi institusinya maupun
pembelajarnya.
b. Efektivitas pembelajaran: diukur dari pencapai tujuan
yang telah ditetapkan, baik sisi pencapaian tujuan institusi
penyelenggara maupun tujuan pembelajar (pengalaman
belajar, kelulusan, IPK, dll.).
c. Kepuasan pembelajar: sistem harus memfasilitas umpan
balik pembelajar mengenai kepuasan pengalaman belajar
mereka agar dapat dilakukan peningkatan kualitas sistem
maupun proses pembelajaran secara berkelanjutan.