Page 163 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 163

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               Berdasarkan reviu berbagai praktik dan quality assurance guidelines,
               Masoumi  dan  Lindstrom  (2012)  menggambarkan  kerangka
               penjaminan kualitas pembelajaran online yang lebih komprehensif.
               Kerangka  tersebut  menunjukkan  bahwa  kualitas  pembelajaran
               online dapat dan perlu dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan
               dengan faktor: (1) institusi, (2) desain pembelajaran, (3) evaluasi, (4)
               teknologi, (5) faktor pedagogi, (6) dukungan bagi pembelajar, dan (6)
               dukungan bagi pengajar.  Gambar 7.1 secara rinci memperlihatkan
               Kerangka QA dari Masoumi dan Lindstrom tersebut.















 152                                                                          153











                      Gambar 7.1. Kerangka Penjaminan Kualitas
                                             (Masoumi dan Lindstrom, 2012)


               Faktor institusional
                   a.  Organisasi: diantaranya tentang struktur organisasi, sistem
                      akademik, dan sistem penganggaran.
                   b.  Administrasi:  sistem  dan  layanan  administrasi  yang
                      menunjang  proses  pembelajaran  online (termasuk
                      didalamnya infrastruktur untuk pembelajaran online)
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168