Page 163 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 163
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Berdasarkan reviu berbagai praktik dan quality assurance guidelines,
Masoumi dan Lindstrom (2012) menggambarkan kerangka
penjaminan kualitas pembelajaran online yang lebih komprehensif.
Kerangka tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran
online dapat dan perlu dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan
dengan faktor: (1) institusi, (2) desain pembelajaran, (3) evaluasi, (4)
teknologi, (5) faktor pedagogi, (6) dukungan bagi pembelajar, dan (6)
dukungan bagi pengajar. Gambar 7.1 secara rinci memperlihatkan
Kerangka QA dari Masoumi dan Lindstrom tersebut.
152 153
Gambar 7.1. Kerangka Penjaminan Kualitas
(Masoumi dan Lindstrom, 2012)
Faktor institusional
a. Organisasi: diantaranya tentang struktur organisasi, sistem
akademik, dan sistem penganggaran.
b. Administrasi: sistem dan layanan administrasi yang
menunjang proses pembelajaran online (termasuk
didalamnya infrastruktur untuk pembelajaran online)