Page 158 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 158

BAB 06  PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN ONLINE



                 pembelajaran. Hakikat utama dari dilakukannya asesmen hasil belajar
                 adalah untuk mengetahui apakah pembelajar telah belajar sesuatu
                 (if learning has happened), seberapa banyak, dan adakah yang perlu
                 diperkuat dari pemahaman siswa atas materi pembelajaran.


                 Asesmen  hasil  belajar  dapat  memiliki  tujuan  yang  berbeda-beda
                 sehingga  bentuk,  format,  dan  sifatnya  pun  dapat  berbeda-beda.
                 Berdasarkan  tujuannya,  asesmen  dapat  bersifat  formatif  atau
                 sumatif.  Asesmen  formatif  biasanya  dilakukan  di  tengah-tengah
                 proses  pembelajaran  dengan  tujuan  untuk  melihat  kemajuan
                 belajar siswa, sehingga dapat diketahui kesulitan-kesulitan belajar
                 mereka  (jika  ada)  dan  diberikan  balikan  (feedback) agar proses
                 belajar  menjadi  lebih  efektif.  Asesmen  formatif  kadang-kadang
                 juga  dilakukan  dengan  memberikan  pertanyaan-pertanyaan  untuk
                 dijawab oleh siswa secara mandiri atau self-evaluation.


                 Sementara  itu,  asesmen  sumatif  dilakukan  di  akhir  proses
     148                                                                                                                                                           149
                 pembelajaran dengan tujuan untuk mengukur apakah hasil belajar
                 telah  sesuai  dengan  tujuan  pembelajaran  yang  harus  dicapai.
                 Asesmen  sumatif  dapat  digunakan  untuk  penentuan  kelulusan.
                 Metode penentuan kelulusan dapat menggunakan kriteria patokan/
                 criterion-referenced (batas kelulusan ditentukan secara tetap tanpa
                 melihat  sebaran  nilai  peserta  asesmen)  atau  berdasarkan  kriteria
                 normal/norm-referenced  (batas  kelulusan  ditentukan  berdasarkan
                 sebaran nilai peserta asesmen).


                 Dalam  flatform  pembelajaran  online  seperti  LMS,  asesmen  hasil
                 belajar juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran
                 yang  bersifat  objektif  atau  subjektif.  Asesmen  objektif  (atau  lebih
                 sering  disebut  tes  objektif)  biasanya  berbentuk  pertanyaan  yang
                 dirumuskan sedemikian rupa sehingga memiliki satu jawaban yang
                 benar.  Bentuk  asesmen  objektif  yang  adala  dalam  fitur  Moodle
                 diantaranya  adalah  pilihan  ganda,  benar-salah,  dll.  Sedangkan
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163