Page 161 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 161

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE









                                        Area dan Kerangka
                                     Penjaminan Kualitas



               P      engertian kualitas dapat berbeda bagi setiap orang, setiap



                      institusi,  dan  bahkan  setiap  daerah  dimana  pendidikan
                      dilaksanakan.  Hal  ini  karena  kualitas  memang  sangat
               context-bound,  terkait  erat  dengan  konteks  serta  tujuan  suatu
               program  pendidikan  dan  proses  pembelajaran  (Ossiannilsson,
               Williams,  Camilleri,  and  Brown,  2015).  Sebagai  contoh,  dalam
               konteks pendidikan jarak jauh yang diselenggarakan melalui model
               universitas  terbuka  di  mana  pun,  salah  satu  tujuannya  adalah

 150           untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan. Oleh   151
               karena itu, banyak universitas terbuka yang mengukur kualitas salah
               satunya  dengan  tingkat  aksesibilitas  program  pendidikannya  bagi
               masyarakat luas, atau dengan kata lain dengan jumlah mahasiswa
               yang dilayaninya.


               Demikian  juga,  area  kualitas  yang  dilihat  dan  diukur  dalam  suatu
               program  pendidikan  sangat  beragam.  Berdasarkan  hasil  survei  di
               tujuh  (7)  universitas  jarak  jauh  di  Asia,  Jung  (2005)  menemukan
               bahwa kualitas pada umumnya dilihat dalam berbagai lini/tatanan
               mulai  dari  tatanan  institusi,  program,  hingga  mata  kuliah/mata
               pelajaran.  Dalam  tatanan  mata  pelajaran,  kualitas  dapat  dilihat
               dalam berbagai aspek seperti materi pembelajaran, mahasiswa dan
               layanan bantuan belajar, media pembelajaran, serta asesmen hasil
               belajar.
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166