Page 161 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 161
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Area dan Kerangka
Penjaminan Kualitas
P engertian kualitas dapat berbeda bagi setiap orang, setiap
institusi, dan bahkan setiap daerah dimana pendidikan
dilaksanakan. Hal ini karena kualitas memang sangat
context-bound, terkait erat dengan konteks serta tujuan suatu
program pendidikan dan proses pembelajaran (Ossiannilsson,
Williams, Camilleri, and Brown, 2015). Sebagai contoh, dalam
konteks pendidikan jarak jauh yang diselenggarakan melalui model
universitas terbuka di mana pun, salah satu tujuannya adalah
150 untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan. Oleh 151
karena itu, banyak universitas terbuka yang mengukur kualitas salah
satunya dengan tingkat aksesibilitas program pendidikannya bagi
masyarakat luas, atau dengan kata lain dengan jumlah mahasiswa
yang dilayaninya.
Demikian juga, area kualitas yang dilihat dan diukur dalam suatu
program pendidikan sangat beragam. Berdasarkan hasil survei di
tujuh (7) universitas jarak jauh di Asia, Jung (2005) menemukan
bahwa kualitas pada umumnya dilihat dalam berbagai lini/tatanan
mulai dari tatanan institusi, program, hingga mata kuliah/mata
pelajaran. Dalam tatanan mata pelajaran, kualitas dapat dilihat
dalam berbagai aspek seperti materi pembelajaran, mahasiswa dan
layanan bantuan belajar, media pembelajaran, serta asesmen hasil
belajar.