Page 165 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 165
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
yang paling sesuai dengan kebutuhan pembelajar.
Pemilihan skenario pembelajaran yang tepat: skenario
pembelajaran dikembangkan berdasarkan pemahaman
akan cara pembelajar belajar dan merupakan metode
pedagogi yang akan membentuk dan mempengaruhi setiap
aspek pembelajaran.
c. Pengorganisasian sumber pembelajaran: pembelajaran
online menekankan kemandirian dalam belajar dan
oleh karena itu sumber belajar harus dikemas dan
diorganisasikan secara sistematis agar mudah dimanfaatkan
oleh pembelajar. Pilihan dan urutan sumber belajar akan
sangat mempengaruhi efektivitas pembelajaran.
d. Kemutakhiran dan akurasi sumber pembelajaran: sumber
belajar yang digunakan/diberikan harus mutakhir dan
akurat.
Faktor pedagogi
154 155
a. Keberpusatan pembelajaran pada pembelajar: efektivitas
pembelajaran sangat dipengaruhi oleh keterlibatan aktif
(bertanya, berpendapat, menulis, mengkontekstualisasikan
materi dengan pengalaman). Pedagogi yang berpusat pada
pembelajar dan memberikan ruang kepada pembelajar
untuk menyatakan pendapat, membuat keputusan, dan
melakukan refleksi akan mendukung pembelajar untuk
terlibat secara aktif.
b. Komunikasi dan interaktivitas: interaksi pembelajar
dengan pengajar, sesama pembelajar lainnya, dan
lingkungan pembelajaran merupakan inti proses yang akan
menciptakan dialog antara unsur-unsur pembelajaran.
Perencanaan untuk menciptakan interaksi dalam
pembelajaran online merupakan kunci dari efektivitas
komunikasi dan interaktivitas.