Page 170 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 170
BAB 07 PENJAMINAN KUALITAS
merupakan hal pokok agar benar-benar dapat membantu institusi
penyelenggara pembelajaran online melakukan peningkatan kualitas
yang berkelanjutan.
Sebagai ilustrasi, Universitas Terbuka mengadopsi kerangka
penjaminan kualitas yang dikembangkan oleh Asosiasi UT se
Asia atau Asian Association of Open Universities (AAOU) Quality
Assurance (QA). AAOU quality framework meliputi 10 area kualitas,
yaitu:
1. Policy and Planning (Kebijakan dan Perencanaan);
2. Internal Management (Manajemen Internal);
3. Learners and Learners’ Profiles (Pembelajar dan Profil
Pembelajar);
4. Infrastructure, Media, and Learning Resources (Infrastruktur,
Media, dan Sumber Pembelajaran);
5. Learner Assessment and Evaluation (Asesmen Hasil Belajar dan
Evaluasi);
160 161
6. Research and Community Services (Penelitian dan Pengabdian
kepada Masyarakat);
7. Human Resources (Sumberdaya Manusia);
8. Learner Support (Dukungan bagi Pembelajar);
9. Program Design and Curriculum Development (Desain Program
dan Pengembangan Kurikulum); dan
10. Course Design and Development (Desain dan Pengembangan
Mata pelajaran/Mata kuliah).
Kesepuluh area kualitas tesebut dijabarkan lebih lanjut ke dalam
standar kualitas yang dikemas sebagai statement of Best Practices.
Sebagai contoh, area kualitas ke-9 mengenai ‘Desain Program dan
Pengembangan Kurikulum’ merupakan aspek untuk memastikan
bahwa perancangan program dan pengembangan kurikulum: