Page 166 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 166
BAB 07 PENJAMINAN KUALITAS
c. Aspek sosial: luaran lain dari suatu proses pembelajaran
yang penting namun bersifat informal adalah terjadinya
proses sosial yang menciptakan suatu komunitas, sehingga
aspek ini harus diciptakan dalam pembelajaran online sekali
pun.
d. Lingkungan pembelajaran: menciptakan ‘rasa kelas secara
fisik’ dapat menjadi faktor penting untuk menurunkan
tingkat dropout. Hal ini dapat dilakukan dengan
merancang fokus lingkungan pembelajaran pada interaksi
sosial seperti fitur untuk komunikasi personal, diskusi,
pemberian motivasi, keterlibatan individual, share materi
pembelajaran, dan sebagainya.
e. Asesmen: seperti pada pembelajaran konvensional,
jenis dan cara asesmen pada pembelajaran online juga
menentukan bagaimana kegiatan pembelajaran harus
dirancang. Disamping itu, asesmen online juga perlu
memperhatikan faktor keamanan, aksesibilitas, identifikasi,
156 157
dan plagiarisme.
f. Sumber pembelajaran: pembelajar perlu diberi beragam
sumber pembelajaran agar dapat mencapai hasil belajar
yang paling optimal, baik berupa bahan ajar digital maupun
non-digital, baru ataupun hasil remix, ataupun link ke
sumber pembelajaran lainnya.
Dukungan kepada pembelajar
a. Dukungan administratif: seperti untuk layanan informasi,
admisi, pembayaran iuran pendidikan, proses pembelajaran,
kelulusan, dll. merupakah hal yang sangat penting.
b. Dukungan teknis: pembelajar memiliki kemampuan teknis
yang berbeda-beda dan oleh karena itu harus tersedia
layanan bantuan teknik bagi pembelajar khususnya terkait
cara mengoperasikan teknologi yang digunakan dalam
pembelajaran online terkait.